Metro TV Penyelenggara Anugerah KPI 2019

    Ilham Pratama Putra - 28 November 2019 18:22 WIB
    Metro TV Penyelenggara Anugerah KPI 2019
    Konferensi pers Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia 2019/Medcom.id/Ilham Pratama Putra
    Jakarta: Metro TV ditunjuk sebagai penyelenggara Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2019. Digitalisasi untuk Negeri menjadi tema yang diusung Metro TV.

    "Kita ketahui KPI mempunyai komitmen untuk ikut serta mendorong stasiun televisi, menghasilkan program-program yang berkualitas, program yang mendidik, di samping menghibur," kata Direktur Utama Metro TV Suryopratomo di Gedung KPI Pusat, Jakarta, Kamis, 28 November 2019.

    Dia mengatakan anugerah KPI 2019 merupakan komitmen KPI mendorong stasiun tv memperkuat nasionalisme melalui program siaran. Akan ada 315 program siaran yang diseleksi KPI tahun ini.

    "Anugerah KPI 2019 ini, KPI kembali menerima sekitar 185 tayangan televisi dan 130 siaran radio yang tersebar dalam 16 kategori penghargaan," kata Komisioner KPI Bidang Isi Siaran, Mimah Susanti.

    Program-program tersebut dinilai 21 juri. Penilaian meliputi beberapa aspek, tergantung kategori program.

    "Misal program anak. Penilaian pertama harus berdasarkan apakah misalnya produksi ini benar-benar produksi Indonesia beserta nilai ke-Indonesiaannya. Selanjutnya apakah program itu sudah dapat sanksi apa belum dari KPI, juga melihat apakah ada unsur kekerasan dan sebagainya," jelas dia.

    Selain program anak, KPI akan memberikan penghargaan pada program animasi, drama seri, film televisi, dokumenter, peduli perempuan, wisata budaya, berita, peduli disabilitas, talkshow berita maupun non-berita. Program peduli perbatasan dan daerah tertinggal juga akan anugerah dari KPI tahun ini.

    Uniknya, pembacaan nominasi dan pemberian penghargaan tak hanya diberikan kepada publik figur. Menteri pun kebagian.

    "Menteri pendidikan, kemudian juga ada menteri Kominfo, Kemudian ada Deddy Mizwar. Kami ingin mencoba sesuatu yang berbeda. Sekaligus menjadi support bagi televisi untuk memperhatikan program-program yang disahkan," kata Wakil Ketua KPI, Mulyo Hadi Pranomo.

    Malam puncak Anugerah KPI 2019 akan digelar Rabu, 4 Desember 2019 di Grand Studio Metro TV, Kedoya, Jakarta Barat. KPI juga akan memberikan penghargaan khusus kepada radio komunitas terbaik dan pemerintah daerah peduli penyiaran.

    Untuk dua penghargaan ini, usulan diterima dari KPI Daerah seluruh Indonesia dengan kriteria tertentu. Selain itu, penghargaan diberikan kepada tokoh penyiaran untuk kategori pengabdian seumur hidup.




    (OJE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id