Gempa Banten Tak Berkaitan Dengan Aktivitas Gunung Api

    Ilham Pratama Putra - 05 Agustus 2019 02:34 WIB
    Gempa Banten Tak Berkaitan Dengan Aktivitas Gunung Api
    ilustrasi Medcom.id
    Jakarta: Gempa di Sumur, Banten dengan magnitudo 6,9, Jumat, 2 Agustus 2019 dipastikan tak miliki kaitan dengan aktifnya beberapa gunung api di Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menganalisis gejala tersebut pada erupsi Gunung Tangkuban Perahu di hari yang sama.

    "Berdasarkan data hasil monitoring dan analisis BMKG, Gempa Selatan Banten tanggal 2 Agustus yang lalu tidak memicu aktivitas gunung dan tidak ada kaitannya juga dengan aktivitas gunung Tangkuban Perahu," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati kepada Medcom.id, Minggu, 4 Agustus 2019.

    Gempa Banten sama sekali tak memicu aktivitas vulkanik gunung. Meskipun, seismograf gunung Tangkuban Perahu sempat mencatat getaran gempa Banten.

    Gempa dengan magnitudo 6,9 melanda Banten. Gempa terjadi pukul 19.03 WIB, Jumat, 2 Agustus 2019. Titik gempa berada di 7,54 LS dan 104,58 BT atau 147 km barat daya Banten di kedalaman 10 km.

    (Baca: BMKG: Jangan Percaya Isu Gempa Besar)

    Fenomena ini sempat berpotensi menyebabkan tsunami. Namun, kemudian Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencabut peringatan tsunami tersebut beberapa jam setelah gempa.

    BNPB mencatat 1.050 orang mengungsi pascagempa. Para pengungsi terpisah di beberapa titik. 

    Sebanyak 1.000 jiwa mengungsi di halaman kantor Gubenur Lampung, dan kurang lebih 50 orang mengungsi di eks Hotel Lima Enam, Kabupaten Lampung Selatan.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id