Menteri Jonan Pimpin Upacara HUT RI di Freeport

    Antara - 18 Agustus 2019 11:18 WIB
    Menteri Jonan Pimpin Upacara HUT RI di Freeport
    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan menjadi inspektur upacara di PT Freeport Indonesia, Tembagapura, Mimika, Papua, Sabtu, 17 Agustus 2019. Metro TV/Isfan Harun.
    Tembagapura: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memimpin upacara peringatan hari ulang tahun ke-74 Indonesia di Tembagapura. Upacara berlangsung khidmat meski diguyur hujan.

    Upacara yang diselenggarakan di ketinggian 2500 meter itu dimulai sekitar pukul 08.00 WIT. Ribuan karyawan PT Freeport Indonesia bersama puluhan siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Yayasan Pendidikan Jayawijaya tetap semangat menahan dingin dengan suhu 16 derajat celcius.

    Semangat yang sama juga ditunjukkan Jonan sebagai inspektur upacara. Jonan menyampaikan terima kasih kepada seluruh petugas dan peserta upacara. Jonan mengingatkan kemerdekaan Indonesia bukan sekadar anugerah dari Tuhan. Kemerdekaan ini direbut melalui perjuangan pahlawan hingga tetes darah penghabisan.

    "Buah dari perjuangan para pejuang tersebut dapat kita nikmati dan wajib kita pertahankan dan kita kembangkan sesuai dengan perkembangan zaman," kata Jonan di Lapangan Sport Hal 68, Tembagapura, Mimika, Papua, Sabtu, 17 Agustus 2019.

    Baca: Semangat Nasionalisme Kemerdekaan RI dari Jenewa

    Presiden Jokowi mengusung tema pengembangan sumber daya manusia memperingati HUT ke-74 Indonesia ini. Jonan pun meminta PT Freeport Indonesia menjalankan amanat Kepala Negara itu. PT Freeport Indonesia harus ikut serta mengembangkan potensi anak bangsa di Tembagapura dan Indonesia.

    Jonan merupakan perwakilan pemerintah pertama yang menjadi inspektur upacara selama 50 tahun PT Freeport Indonesia beroperasi. Ia pun mengaku bangga dengan hal itu.

    "Akhir tahun lalu, 51 persen saham PT Freeport Indonesia kembali ke Negara Indonesia, saya mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang bekerja disini, kepada PT Freeport Mc Moran dan rekan-rekan tenaga kerja asing yang telah membantu PT Freeport di Indonesia selama ini," jelas Jonan.

    Upacara Penurunan Bendera Berjalan Lancar

    Upacara penurunan bendera di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, juga berlangsung lancar. Kabut tebal dan cuaca dingin menyelimuti lokasi upacara. Upacara pun diikuti ribuan karyawan PT Freeport Indonesia dan sejumlah perwakilan pemerintah setempat.

    Puluhan siswa SD dan SMP Yayasan Pendidikan Jayawijaya juga serius mengikuti jalannya lomba. Sebagian dari mereka menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan paduan suara.

    Ratusan anggota TNI dan Polri juga ikut menghadiri upacara itu. Mereka juga mengamankan upacara tersebut dari gangguan kelompok kriminal bersenjata.
    (Isfan Harun/Robby Pratama/Antara)



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id