Pemerintah Diminta Sediakan Tes PCR di RS Tipe D

    Sri Yanti Nainggolan - 17 Mei 2020 16:08 WIB
    Pemerintah Diminta Sediakan Tes PCR di RS Tipe D
    Ilustrasi tes virus korona (covid-19). Medcom.id/M Rizal
    Jakarta: Pemerintah didorong untuk menyediakan alat pemeriksaan reaksi berantai polimerae (PCR) di sedekat mungkin dengan masyarakat. Pasalnya, pemeriksaan model lain seperti rapid test cenderung kurang akurat.

    "Maka kita harus kasih alat itu akar rumput, misalnya rumah sakit tipe D," saran ahli toksikologi RSUD Kediri Dr dr Tri Maharani MSI SpEM dalam webinar LaporCovid19, Minggu, 17 Mei 2020.

    Dengan demikian, tidak akan terjadi penumpukan pemeriksaan sampel spesimen yang kini hanya dilakukan di laboratorium di kota besar. Apalagi pemeriksaan yang tertunda dapat memicu terjadinya klaster yang lebih besar.

    Marani juga berpendapat rapid tes di puskesmas sebaiknya tak lagi dibebankan ke dokter. Perawat bisa menjalankan tes cepat. Dengan demikian, hasil screening covid-19 semakin banyak.

    "Angka insiden pun jadi sangat kecil. Apalagi untuk angka mortalitas yang hasil pemeriksaannya belum keluar," imbuh dia.

    Saat ini, 61 laboratorium yang menjalankan tes polymerase chain reaction (PCR) dan 9 laboratorium dengan metode rest cepat molekuler (TCM).

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini: https://www.medcom.id/corona



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id