Relawan Vaksin Covid-19 Sinovac Belum Menunjukkan Gejala Efek Samping

    Nur Azizah - 13 November 2020 12:30 WIB
    Relawan Vaksin Covid-19 Sinovac Belum Menunjukkan Gejala Efek Samping
    Vaksin Sinovac buatan Tiongkok/AFP.
    Jakarta: Relawan vaksin virus korona (covid-19) yang dikembangkan PT Biofarma dan Sinovac belum menunjukkan efek samping. Belum ada laporan kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) atau serious adverse event (SAE) dari ribuan relawan yang divaksinasi.

    "Belum ada laporan terkait kejadian serius yang tidak diinginkan dari para relawan yang diduga berhubungan dengan vaksin atau kegiatan vaksinasi," kata juru bicara Tim Uji Klinik Fase 3 Vaksin Covid-19 Rodman Tarigan dalam keterangan tertulis, Jumat, 13 November 2020.

    Menurut dia, SAE merupakan gejala serius yang dialami penerima obat atau vaksin, tanpa memandang hubungannya dengan obat atau vaksin tersebut. Sedangkan KIPI merupakan gejala tidak serius usai vaksinasi.

    "Tidak menimbulkan risiko potensial pada kesehatan si penerima seperti terjadi demam, bengkak di lokasi suntikan, merah di lokasi suntikan," jelas Rodman.

    Baca: Keamanan dan Efektivitas Vaksin Covid-19

    Sebanyak 1.620 relawan sudah mendapatkan suntikan pertama per 6 November 2020. Sementara itu, 1.603 relawan menerima suntikan tahap kedua.

    Adapun 1.335 relawan memasuki tahap monitoring. Tim uji klinik akan mengawasi relawan mulai dari imunogenicity, efikasi (khasiat), maupun keamanannya.

    "Hingga uji klinik selesai (relawan) akan diawasi dan dimonitor oleh tim uji klinis, sehingga apapun kejadian yang menimpa relawan pasti terawasi," ujar Rodman.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id