Rekomendasi KPAI Buat Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Pandemi Covid-19

    Siti Yona Hukmana - 16 November 2020 08:06 WIB
    Rekomendasi KPAI Buat Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Pandemi Covid-19
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah berencana membuka sekolah pada 2021 di semua zona covid-19. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberikan sejumlah rekomendasi agar pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah pandemi tidak menjadikan klaster baru penyebaran covid-19.

    "Pertama, pemerintah daerah (pemda) dan pemerintah pusat fokus pada persiapan infrastruktur, protokol kesehatan, sosialisasi protokol kesehatan, dan sinergi antara dinas pendidikan dengan dinas Kesehatan serta gugus tugas covid-19 di daerah," kata Komisioner KPAI bidang Pendidikan, Retno Listyarti, kepada Medcom.id, Senin, 16 November 2020.

    Menurut Retno, rekomendasi pertama itu penting dilakukan. Dia meminta pembukaan sekolah ditunda jika belum mampu memenuhi infrastruktur dan protokol kesehatan tersebut.

    Rekomendasi kedua ialah meminta pemda dan pemerintah pusat mulai mengarahkan politik anggaran ke pendidikan, terutama persiapan infrastruktur buka sekolah demi mencegah klaster baru. Sebab, infrastruktur adaptasi kebiasaan baru (AKB) di sekolah membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka dukungan dana dari pemerintah dibutuhkan.

    "Kalau daerah belum siap, maka tunda dulu buka sekolah, meskipun di daerah itu zonanya hijau," ujarnya.

    Rekomendasi ketiga, mendorong pelaksanaan swab test bagi seluruh pendidik dan tenaga pendidikan sebelum memulai pembelajaran tatap muka di sekolah. Swab test untuk peserta didik, kata Retno, dapat dilakukan secara acak (sampel).

    "Namun biayanya juga dibebankan pada APBD dan APBN Tahun Anggaran 2020/2021," kata dia.

    Rekomendasi keempat, KPAI mendorong pembukaan sekolah tidak berdasarkan zona. Namun, ditentukan oleh kesiapan semua pihak.

    "Daerah siap, sekolah siap, guru siap, orang tua siap dan siswa siap. Kalau salah satu tidak siap, maka tunda buka sekolah meskipun zonanya berstatus hijau," tegas dia.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id