Paskah Aman hingga Vaksinasi Saat Ramadan

    Surya Perkasa - 05 April 2021 07:26 WIB
    Paskah Aman hingga Vaksinasi Saat Ramadan
    Ilustrasi vaksinasi. Medcom.id



    Jakarta: Sejumlah isu berita nasional Medcom.id banyak menarik perhatian pembaca pada Minggu, 4 April 2021. Beberapa di antaranya perayaan paskah aman dan ancang-ancang program vaksinasi saat Ramadan.

    Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan puncak perayaan Paskah di Indonesia berlangsung aman dan lancar. Polri dan TNI bersinergi mengamankan rangkaian Pekan Suci 2021 dengan baik.
     
    "Rangkaian Kamis Putih, Jumat Agung, Malam Paskah, hari ini perayaan Puncak Paskah berlangsung lancar," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di GBI Fatmawati Bukit Sion, Jakarta Selatan, Minggu, 4 April 2021.

     



    Listyo bersyukur personel gabungan menunaikan tugasnya dengan baik. Terpenting, tak ada ancaman keamanan yang serius

    Baca: Kapolri: Puncak Perayaan Paskah Berlangsung Aman dan Lancar

    Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan vaksinasi covid-19 tetap dilaksanakan saat ramadan. Kemungkinan, vaksinasi akan digelar hingga malam hari. 
     
    "(Vaksin saat) malam hari kalau diperlukan, (kita dirikan) pos vaksinasi untuk umat muslim yang berpuasa," ujar juru bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers secara virtual, Minggu, 4 April 2021. 
     
    Nadia menyebut vaksinasi juga akan digelar di sejumlah tempat ibadah. Pemerintah mengupayakan vaksinasi covid-19 tidak mengganggu waktu ibadah umat muslim saat Ramadan.

    Baca: Jam Operasional Vaksinasi saat Ramadan Bakal Diperpanjang

    Kemenkes berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk meyakinkan umat Islam yang berpuasa saat Ramadan. Nadia menyebut Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan Fatwa MUI Nomor 13/2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 pada Saat Berpuasa. Vaksinasi dipastikan tak akan merusak puasa umat Islam Indonesia.

    "MUI sudah membuatkan fatwa, bahwa proses vaksinasi bisa dilakukan siang hari bagi umat muslim yang menjalankan ibadah bulan Ramadan," kata dia.

    Berita terkait terorisme hingga kisruh Partai Demokrat masih terus diperbarui. Klik di sini untuk mendapatkan berita terbaru dari Kanal Nasional Medcom.id.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id