Balapan di Sekitar Istana Negara, Pengendara Moge Ditendang Paspampres

    Nur Azizah - 26 Februari 2021 19:34 WIB
    Balapan di Sekitar Istana Negara, Pengendara Moge Ditendang Paspampres
    Paspampres--Antara/Wahyu Putro A



    Jakarta: Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menendang rombongan pengendara motor gede. Tindakan itu diambil akibat rombongan tersebut kebut-kebutan di sekitar Istana Negara, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, pada Minggu, 21 Februari 2021.

    "Anggota Paspampres yang sedang melaksanakan tugas pengamanan instalasi di Kantor Wakil Presiden terpaksa melumpuhkan pengendara motor/komunitas motor yang sedang melaksanakan sunday morning riding (Sunmori), karena memaksa menerobos Jalan Veteran III yang ditutup pembatas jalan," kata Komandan Paspampres Mayjen Agus Subiyanto kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 26 Februari 2021.






    Jalan Veteran III merupakan wilayah ring 1 instalasi Very Very Important Person (VVIP). Pengamanan di area ini menjadi tugas pokok Paspampres.

    Agus mengatakan Paspampres terpaksa menendang pengendara itu lantaran menerobos pengamanan ring 1 instalasi VVIP. Tindakan Paspampres ini dipastikan sesuai dengan Buku Petunjuk Teknis Pam Instalasi VVIP.

    "Itu sudah tertuang dalam keputusan Panglima TNI tahun 2018 dan Peraturan Pemerintah Nomor 59 Tahun 2013 tentang Pam VVIP," ujar Agus.

    Dia mengatakan tindakan Paspampres tersebut bentuk kewaspadaan dalam melaksanakan tugas terhadap segala ancaman di instalasi VVIP. Terlebih, komunitas motor tersebut sering melakukan aksi balapan dan menggunakan knalpot racing tak sesuai ketentuan perundang-undangan.

    "Mereka mengganggu ketertiban umum serta melanggar Undang-Undang Lalu Lintas," lanjut Agus.

    Baca: Polda Metro Jaya Tilang 20 Kendaraan Balap Liar

    Belum diketahui keberadaan anggota komunitas motor tersebut. Paspampres tengah berkoordinasi dengan kepolisian untuk mencari anggota komunitas motor itu.

    "Kabur. Sudah kita koordinasikan dengan kepolisian," ujarnya.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id