Kemenhub Klarifikasi Pemberian Vaksin Gratis untuk Pemudik

    Nur Azizah - 12 Mei 2021 11:27 WIB
    Kemenhub Klarifikasi Pemberian Vaksin Gratis untuk Pemudik
    Juru bicara Kemenhub Adita Irawati. Dok. Istimewa



    Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengklarifikasi pernyataan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkait pemberian vaksin gratis untuk pemudik. Juru bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan yang dimaksud Budi Karya bukan pemberian vaksin melainkan tes covid-19 gratis.

    "Bersama ini kami menyampaikan klarifikasi bahwa yang dimaksud adalah diberikan tes covid-19 secara gratis," kata Adita dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu, 12 Mei 2021.

     



    Adita mengatakan Budi Karya mengusulkan kepada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk memberikan tes covid-19 gratis bagi mereka yang melakukan perjalanan melalui darat. Sementara itu, pelaku perjalanan dengan moda transportasi lain akan diberlakukan pengetatan syarat perjalanan seperti pada masa pra-peniadaan mudik.

    "Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi terjadinya lonjakan pada arus balik yang diprediksi mencapai puncak pada H+2 dan H+7 Idulfitri 1442H/2021," ucap Adita.

    Baca: Penerima Vaksin Dosis Pertama Bertambah 140.226

    Kemenhub mengimbau masyarakat menunda kepulangan agar tidak menimbulkan penumpukan. Kemenhub juga mengusulkan dilakukan testing yang intensif di berbagai tempat dengan konsentrasi besar.

    "Beberapa di antaranya Madiun, Ngawi, Surabaya, Solo, Yogya, Semarang, Cirebon, Jakarta. Bahkan yang dari Sumatra di Bakauheni," jelas Adita.

    Sebelumnya, Budi Karya mengusulkan vaksinasi gratis bagi pemudik. Pasalnya, banyak masyarakat yang melakukan perjalanan ke kampung halaman.

    "Kami mengusulkan Pak Menko (Menteri Perekonomian) dan Menkes (Menteri Kesehatan) memberikan vaksin gratis untuk mereka yang melakukan perjalanan darat," kata Budi Karya dalam konferensi pers, Senin, 10 Mei 2021.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id