comscore

Pelonggaran Memakai Masker Berkaca dari Negara Lain

Theofilus Ifan Sucipto - 18 Mei 2022 01:04 WIB
Pelonggaran Memakai Masker Berkaca dari Negara Lain
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. MI/Immanuel Antonius
Jakarta: Kebijakan pelonggaran memakai masker tidak hanya berdasarkan situasi pandemi covid-19 di Indonesia. Pemerintah juga belajar dari kebijakan serupa di luar negeri.

"Kita selalu benchmark hampir di semua negara soal kebijakan masker," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa, 17 Mei 2022.
Budi mengatakan sejumlah negara lebih dulu melonggarkan pemakaian masker. Mulai dari Singapura, Inggris, Italia, Jerman, hingga Amerika Serikat.

"Untuk outdoor, (masker) bisa dibuka tapi dengan catatan tertentu. Misalnya di transportasi umum pakai (masker), kalau tidak enak badan pakai masker," ujar dia.

Budi yakin masyarakat Indonesia bisa menyesuaikan situasi untuk memakai dan melonggarkan pemakaian masker. Hal itu bagian dari kesadaran masyarakat menuju endemi covid-19.

"Sekarang masyarakat punya peran lebih besar menentukan langkah yang harus dilakukan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain," kata mantan Wakil Menteri BUMN itu.

Baca: Pelonggaran Memakai Masker Bagian Transisi Menuju Endemi Covid-19

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah telah melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Presiden menjelaskan hal itu diputuskan dengan memperhatikan kondisi penanganan pandemi covid-19 yang semakin terkendali di Indonesia.
 
"Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," ujar Jokowi dalam keterangan resmi yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Meski demikian, Presiden meminta masyarakat tetap menggunakan masker saat kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik. Lalu, masyarakat yang masuk kategori rentan seperti lansia atau memiliki penyakit komorbid, disarankan tetap menggunakan masker saat beraktivitas.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id