comscore

Wapres Tegaskan Pencegahan Radikalisme Bukan Hanya Tugas Ulama

Kautsar Widya Prabowo - 26 Januari 2022 13:41 WIB
Wapres Tegaskan Pencegahan Radikalisme Bukan Hanya Tugas Ulama
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Medcom/Fachri
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan mencegah radikalisme bukan hanya tugas ulama. Tapi tugas semua pihak, keluarga, guru, dan masyarakat luas.

"Karena sekarang paham-paham radikal-terorisme mudah menyebar melalui media sosial," ujar Ma'ruf dalam sambutanya di acara Halaqah Kebangsaan I Badan Penanggulangan Ekstremisme dan Terorisme Majelis Ulama Indonesia (BPET-MUI), secara virtual, Rabu, 26 Januari 2022.
Ma'ruf menjelaskan radikalisme dapat memicu munculnya ekstremisme dan terorisme yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan bangsa. Pemerintah telah berupaya menanggulangi melalui Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme Tahun 2020-2024.

"Perpres ini menjadi acuan kita bersama untuk memperkuat kolaborasi antara kementerian/lembaga, pemerintah daerah, para ulama maupun ormas Islam, termasuk BPET-MUI," terangnya.

Baca: Polri Tangkap 392 Teroris Sepanjang 2021

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengidentifikasi penyebaran paham radikal di dunia maya. Ratusan akun teridentifikasi menyebarkan paham teroris.

"Kami mencatat setidaknya ada 600 akun berpotensi radikal," kata Kepala BNPT Boy Rafli Amar dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 25 Januari 2022.

Komisaris Jenderal (Komjen) itu menyampaikan 600 akun itu teridentifikasi melalui konten yang diunggah. Jumlah konten yang diunggah mencapai 650.

"Di mana 409 konten bersifat umum dan merupakan konten informasi serangan,147 konten anti dengan NKRI, 85 konten anti Pancasila, serta tujuh konten intoleran," ungkap Boy.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id