comscore

2022, Indonesia Diproyeksikan Menjadi Lokasi Wisata Favorit di Asia Tenggara

Kautsar Widya Prabowo - 28 Januari 2021 16:54 WIB
2022, Indonesia Diproyeksikan Menjadi Lokasi Wisata Favorit di Asia Tenggara
Menparekraf Sandiaga Uno mulai berkantor di Bali, Kamis, 28 Januari 2021. Foto: Istimewa
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno optimistis sektor pariwisata Indonesia akan kembali bangkit dari keterpurukan akibat pandemi covid-19. Dia menargetkan Indonesia menjadi lokasi wisata favorit di Asia Tenggara pada 2022.

"Maka 2021 saya sebut sebagai tahun pemulihan mengawali kebangkitan," ujar Sandi dalam acara Media Group News (MGN) Summit Indonesia 2021 dengan tema 'Wonderful Indonesia: Reviving The Tourism Industry', secara virtual, Kamis, 28 Januari 2021. 
Pemerintah tengah mempersiapkan lima destinasi prioritas yang akan memanjakan wisatawan domestik dan mancanegara. Yakni, Danau Toba, Sumatra Utara; Borobudur, Jawa Tengah; Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT); Mandalika, Nusa Tenggara Barat; dan Likupang, Sulawesi Utara. 

"Kita harus kolaborasi multi stakeholder, Bapak Presiden (Joko Widodo) menginginkan kita fokus, kita kembangkan lima destinasi prioritas tapi juga (ada) sentuhan melalui program-program desa wisata," jelasnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menilai wisatawan domestik selama ini belum banyak tersentuh. Sehingga, dia ingin menjadikan lima destinasi wisata prioritas itu menjadi tempat wisata pilihan masyarakat.

"Jadi ada Rp105 triliun yang keluar dari Indonesia, karena kita asyik berlibur di negara favorit. Kalau kita alihkan 20-30 persen saja itu bisa capai Rp50 triliun," tuturnya.

Baca: Pandemi Covid-19 Membuat Sektor Parekraf Turun 75 Persen

MGN Summit merupakan hybrid event yang berupaya menemukan solusi di tengah pandemi. Acara yang mengambil tema "Solusi Maju Bersama' ini menggabungkan konsep off air dan on air yang terbagi ke dalam beberapa sesi. Dalam setiap sesinya, hadir beberapa pembicara dari perwakilan pemerintah, pengusaha, akademisi, hingga para ahli. 

Salah satu elemen penting dari MGN Summit ini adalah paparan hasil survei dari News Research Center (NRC) Media Group News. Survei dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Tanah Air. Survei ini menjadi pemantik dalam pembahasan di MGN Summit. 

Ada empat hal yang disoroti dalam survei, yakni pemulihan ekonomi (economic recovery), kesehatan masyarakat (public health), energi hijau (energy go green), dan pariwisata (tourism). Di luar empat tema besar itu, MGN Summit juga akan membahas permasalahan terkini, terutama antisipasi dampak gelombang baru covid-19.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id