Vaksinasi Tahap II, 7 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Didistribusikan

    Cindy - 19 Februari 2021 20:36 WIB
    Vaksinasi Tahap II, 7 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Didistribusikan
    Seorang tenaga kesehatan (nakes) menjalani vaksinasi di RSUD Cibabat, Kota Cimahi, Jumat, 15 Januari 2021. Foto: MI/Depi Gunawan



    Jakarta: Kementerian Kesehatan mengatakan kurang lebih 7 juta dosis vaksin covid-19 sudah tersedia untuk vaksinasi tahap kedua. Vaksinasi ini menyasar kelompok lanjut usia (lansia) dan petugas pelayanan publik.

    "Saat ini 7 juta vaksin sudah siap untuk didistribusikan dan akan segera sampai di 34 provinsi," kata juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Wiweko, lewat konferensi pers daring, Jumat, 19 Februari 2021.






    Baca: Dalam Sehari, 71.969 Nakes Divaksinasi Covid-19

    Menurut dia, vaksinasi covid-19 akan fokus didistribusikan ke Pulau Jawa dan Bali. Proporsi distribusi vaksin di kedua pulau tersebut lebih besar dibanding daerah lainnya.

    "Di mana proporsi untuk Jawa-Bali mendapatkan kurang lebih 70 persen dari vaksin yang ada saat ini," ungkap dia.

    Nadia menyebut vaksin yang tersedia saat ini masih terbatas. Alhasil, vaksinasi diutamakan bagi kelompok lansia di atas 60 tahun di DKI Jakarta dan ibu kota provinsi di 33 daerah lainnya.

    "Seperti Kota Bandung untuk Provinsi Jawa Barat, Kota Denpasar untuk Provinsi Bali, Kota Medan untuk Provinsi Sumatra Utara, Kota Makassar di Sulawesi Selatan, dan sebagainya," ucap dia.

    Masyarakat kelompok lansia dapat memilih dua metode pelaksanaan vaksinasi covid-19. Pertama, dengan mendaftarkan diri lewat website Kemkes.go.id serta website Satgas Penanganan Covid-19 di covid19.go.id.

    Lansia dapat mengisi data diri lewat tautan yang disediakan di dua website resmi tersebut. Nantinya, masyarakat akan diberi jadwal dan tempat vaksinasi di puskesmas atau rumah sakit terdekat.

    Kedua, warga dapat mengikuti pelaksanaan vaksinasi massal di instansi maupun organisasi yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi. Hal ini meliputi organisasi pensiunan ASN, Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI (PEPABRI), Legiun Veteran Indonesia, organisasi keagamaan, dan organisasi kemasyarakatan.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id