DKI dan Jateng Diminta Evaluasi Implementasi Protokol Kesehatan

    Nur Azizah - 01 Desember 2020 18:07 WIB
    DKI dan Jateng Diminta Evaluasi Implementasi Protokol Kesehatan
    ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dan Jawa Tengah diminta mengevaluasi implementasi protokol kesehatan di daerahnya masing-masing. Dua provinsi ini sempat 'ditegur' Presiden Joko Widodo lantaran mengalami lonjakan kasus covid-19 signifikan.

    "Evaluasi implementasi protokol kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat secara bersama," kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 1 Desember 2020.

    Selain itu, Wiku menyarankan masing-masing pemprov tegas dalam menegakkan disiplin terkait protokol kesehatan. Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diserahkan pada kebijakan masing-masing wilayah.

    "Itu wewenang masing-masing daerah kondisi yang ada menjadi refleksi dan evaluasi dari pimpinan daerah untuk melakukan kebijakan yang paling tepat, namun harus mempertimbangkan dampak yang dihasilkan terhadap berbagai sektor," ujar Wiku.

    Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan DKI Jakarta dan Jawa Tengah harus diberi pengawasan khusus. Sebab, dua provinsi ini mengalami kenaikan kasus signifikan dalam sepekan terakhir.

    "Saya ingin Ingatkan bahwa ada dua provinsi yang menurut saya perlu perhatian khusus karena peningkatan dalam minggu ini, dalam dua sampai tiga hari ini peningkatannya sangat drastis sekali," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin, 30 November 2020.

    Jokowi ingin tahu penyebab kenaikan kasus di dua provinsi tersebut. Per 29 November 2020, kasus baru di Ibu Kota 1.431 kasus.

    Lalu kasus kesembuhan dalam sehari 814 kasus. Sementara Jawa Tengah kasus baru 2.036 kasus dan sembuh 760 kasus.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id