Jangan Lengah Terapkan Protokol Kesehatan Setiap Saat

    Gervin Nathaniel Purba - 30 November 2020 09:00 WIB
    Jangan Lengah Terapkan Protokol Kesehatan Setiap Saat
    Protokol kesehatan harus dilakukan di mana pun dan kapan pun (Foto:Shutterstock)
    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat dan pemerintah daerah agar jangan lengah menerapkan protokol kesehatan.

    Saat ini, keterisian kapasitas tempat tidur pasien covid-19 di berbagai rumah sakit daerah meningkat signifikan.

    "Tren kenaikan yang signifikan perlu menjadi alert atau peringatan untuk segera melakukan tanggap siaga. Kita harus mempertimbangkan beban kerja tenaga kesehatan, jangan sampai terjadi keletihan ekstrem, dan akhirnya pelayanan tidak dapat diberikan secara maksimal," kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 24 November 2020.
     
    Menurut Wiku, terdapat langkah-langkah antisipasi yang dapat dilakukan pemerintah daerah melalui rekayasa pelayanan kesehatan. Jika kenaikan pasien sebesar 20 sampai dengan 50 persen, maka rumah sakit dapat menampung lonjakan pasien sebanyak dua kali lipat.

    Selanjutnya, jika kenaikan pasien lebih dari 50 sampai dengan 100 persen, maka rumah sakit dapat menggunakan ruang perawatan umum menjadi ruang perawatan pasien covid-19. Kemudian, jika kenaikan pasien lebih dari dua kali lipat, maka dapat mendirikan tenda darurat di area rumah sakit, atau mendirikan rumah sakit lapangan, atau darurat.

    Peningkatan tren pasien baik yang masuk rawat jalan, IGD, dan rawat inap, berdampak pada ketersediaan tempat tidur di berbagai rumah sakit yang tersebar di berbagai daerah. Ada 5 provinsi dengan ketersediaan tempat tidur ICU dan tempat tidur isolasi yang hampir penuh.

    Peringatan juga diungkapkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), khususnya kepada pemda. Jokowi meminta pemda untuk lebih tegas menerapkan prokes mengingat jumlah kasus covid-19 terus meningkat.

    "Kita sudah mengeluarkan anggaran yang besar (untuk penanganan covid-19). Jangan sampai disia-siakan," ujar Jokowi, dalam wawancara khusus Metro TV.

    Untuk mencegah penularan covid-19, pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.

    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id