Metro Hari Ini

    Nelayan Jangan Resah, Kapal Induk Amerika Melintasi Perairan Internasional

    MetroTV - 18 September 2021 21:39 WIB
    Nelayan Jangan Resah, Kapal Induk Amerika Melintasi Perairan Internasional
    Panglima Koarmada 1 Laksamana Muda Arsyad Abdullah minta nelayan tak resah (Metro TV)



    Jakarta: Nelayan Indonesia belakangan diresahkan dengan adanya kapal asing yang memasuki wilayah perairan Natuna. Panglima Koarmada 1 Laksamana Muda Arsyad Abdullah mengatakan kapal induk Amerika Serikat yang ramai diperbincangkan ternyata tidak berada di perairan Indonesia.

    "Sudah saya cek posisi tersebut, kurang lebih 120 nautical mile dari Pulau Sekatung, jadi ini merupakan perairan internasional," kata Arsyad dalam tayangan Metro Hari Ini di Metro TV, Sabtu, 18 September 2021.

     



    Perairan internasional, lanjut Arsyad, merupakan perairan dimana setiap kapal perang ataupun kapal nelayan bebas untuk melintas. Kemudian, terkait Kapal Tiongkok yang tidak menutup moncong meriamnya bukanlah sebuah tindakan provokatif.

    Arsyad menjelaskan tidak ada aturan yang menegaskan sebuah kapal harus menutup moncong meriamnya. Kapal dikatakan provokatif apabila memancarkan radar senjatanya, membuat manuver yang membahayakan serta menggerak gerakan meriamnya.

    "Namun apabila meriam tetap pada laras posisi 0, itu bukan merupakan sikap yang agresif," ucapnya.

    Kapal patroli Indonesia di Perairan Natuna diakui Arsyad memang tidak cukup. Tercatat hanya tiga KRI saja yang menjaga Perairan Natuna, yang mana setidaknya membutuhkan enam hingga delapan KRI. Namun, Arsyad menekankan nelayan tidak perlu resah terkait hal tersebut, karena KRI selalu melaksanakan patroli dengan baik

    "Kita sudah memberikan suatu sosialisasi bahwa di Laut Natuna Utara ada KRI yang selalu melaksanakan patroli sehingga tidak usah merasa resah atau tidak aman," ujar Arsyad. (Widya Finola Ifani Putri)

     

    (RUL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id