comscore

Indonesia Green Summit 2021, Mengukur Kemampuan Indonesia Menciptakan Energi Terbarukan

Achmad Zulfikar Fazli - 08 Juli 2021 10:03 WIB
Indonesia Green Summit 2021, Mengukur Kemampuan Indonesia Menciptakan Energi Terbarukan
Ilustrasi. Medcom.id
Jakarta: Sebagian besar produksi energi listrik di dunia menggunakan batu bara dan sumber daya alam yang merupakan karbon. Pembakaran dilakukan dengan cara menggabungkan oksigen yang kemudian menghasilkan CO2 atau karbon dioksida.

Fenomena ini dianggap menjadi penyebab utama terjadinya pemanasan global. Masalah ini sebenarnya bisa dipecahkan melalui energi terbarukan.
Energi terbarukan selalu menjadi solusi dalam mencegah efek terburuk dari kenaikan suhu. Contohnya, matahari dan angin yang tidak mengeluarkan karbon dioksida. Kemudian, gas rumah kaca lainnya, sehingga tidak berdampak pada pemanasan global.

Namun, sejauh mana Indonesia dapat menciptakan dan memanfaatkan energi terbarukan dalam mencegah global warming? Permasalahan ini akan dibahas dalam acara Indonesia Green Summit 2021 yang diselenggarakan Media Group News (MGN) dengan tema Green Energy and Green Electricity 'Energi Bersih untuk Masa Depan'.

Ada enam narasumber yang akan hadir pada hari pertama Indonesia Green Summit 2021 pukul 15.30-17.30 WIB, Senin, 26 Juli 2021. Mereka yakni Ketua Harian DEN, Arifin Tasrif; Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Laksmi Dhewanthi; Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati; Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) I, Pahala Nugraha Mansury; CEO Adaro Energy, Garibaldi Thohir; dan Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto.

Baca: Indonesia Green Summit 2021 Bahas Dampak Lautan Sampah Terhadap Pemanasan Global

Acara akan dihadiri peserta offline maksimal 50 orang dengan protokol kesehatan. Sementara itu, peserta online bisa mengikuti acara via webinar Zoom.

Peserta virtual pada sesi pembahasan Green Energy and Green Electricity akan dihadiri mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Kemudian, karyawan perusahaan BUMN dan swasta, asosiasi, serta lembaga swadaya masyarakat (LSM) juga akan hadir secara virtual.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id