comscore

2 Tahun Jokowi-Ma’ruf, Capaian Indonesia di Sektor Olahraga DiapresiasI

Theofilus Ifan Sucipto - 21 Oktober 2021 08:31 WIB
2 Tahun Jokowi-Ma’ruf, Capaian Indonesia di Sektor Olahraga DiapresiasI
Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta: Perjalanan dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin kembali menorehkan catatan manis di sektor olahraga. Teranyar, keberhasilan tim bulutangkis putra Indonesia yang membawa pulang Piala Thomas setelah 19 tahun.

Tak hanya itu, pemerintah berhasil menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di tengah pandemi covid-19. Direktur Eksekutif Studi Demokrasi Rakyat Hari Purwanto angkat topi atas suksesnya PON XX Papua.
“Ini menjadi satu kesimpulan pendekatan keadilan dan kesejahteraan ternyata lebih efektif dibanding pendekatan kekuatan dalam rangka penyelesaian konflik,” kata Hari dalam keterangan tertulis, Kamis, 21 Oktober 2021.

Hari mengatakan kembalinya Piala Thomas ke pelukan Ibu Pertiwi selama hampir dua dekade ibarat oasis di tengah pandemi covid-19. Tim bulutangkis putra Indonesia telah bertarung semaksimal mungkin.

“Piala Thomas ini menunjukkan keseriusan Pemerintahan Jokowi dalam membina olahraga,” ujar dia.

Meski begitu, Hari menyoroti kelalaian Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) yang tidak mampu mengikuti syarat anti doping internasional. Kelalaian itu mengakibatkan bendera Indonesia tak bisa berkibar di Piala Thomas.

“Kejadian ini menunjukkan di tengah perjuangan anak bangsa untuk mengharumkan nama bangsa, masih ada pihak-pihak yang masih malas-malasan turut serta,” papar Hari.

Sementara itu, Hari menilai PON XX Papua menjadi tonggak sejarah pelibatan Indonesia Timur dalam acara besar. Kredo bahwa Indonesia Timur hanya dikuras sumber dayanya mesti segera dihapus.

Baca: 2 Tahun Jokowi-Maruf, Sektor Kesehatan-Ekonomi Dapat Nilai Positif

“Caranya dengan semakin banyak melibatkan mereka dalam acara nasional dan internasional hingga pada akhirnya hanya ada Indonesia satu,” tegas dia.

Menurut Hari, PON XX Papua berlangsung aman dan lancar dan tidak terganggu isu separatisme. Hal tersebut menjadi etalase pemerintahan Jokowi dalam mengelola Papua.

“Pembangunan infrastruktur di Papua berjalan baik sehingga venue-venue untuk penyelenggaraan PON pun tersedia dengan baik,” tutur dia.

Keberhasilan tersebut, kata Hari, bisa menjadi warisan Jokowi lantaran tak hanya menghadirkan infrastruktur anyar. Namun juga menegaskan komitmen membangun Bumi Cenderawasih dengan pendekatan kesejahteraan dan keadilan.

“Semoga bisa menjadi pintu gerbang perdamaian di Papua,” ucap dia.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id