Fadli Zon: Filateli Mampu Memberantas Hoaks

    Kautsar Widya Prabowo - 01 April 2018 08:27 WIB
    Fadli Zon: Filateli Mampu Memberantas Hoaks
    Fadli Zon saat memberi kata sambutan dalam Hari Filateli Indonesia (HFI). (Foto Istimewa).
    Jakarta: Ketua Umum Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) Fadli Zon mengatakan hobi mengoleksi prangko atau filateli dapat dijadikan sebagai pembentuk karakter bangsa. Sebab, filateli dekat dengan dunia pengetahuan dan literasi. 

    "Filateli wadah pembentuk karakter. Sebabnya hari Filateli Indonesia mengambil tema Filateli Membentuk Karakter Bangsa," ujar Fadli dalam siaran persnya, Jakarta, Sabtu, 31 Maret 2018. 

    Meski terbiasa dengan gawai dan teknologi, generasi penerus bangsa diharap tak lupa dan hilang keahlian dalam menulis surat. Karena menurutnya, kemampuan menulis surat melatih pribadi untuk terampil dalam bertutur dan berkomunikasi dengan orang lain lewat medium tulisan.

    "Kita bisa melihat, seiring meluasnya kemajuan IT keterampilan berbahasa kita justru makin buruk. Padahal kekacauan berbahasa bisa membawa kekacauan berpikir dan bertindak," tambahnya.

    Politikus Partai Gerindra itu sepakat dengan kutipan pakar sastra dan budaya asal Belanda, Andreas Teeuw yang menyebut 'kita melompat dari tradisi kelisanan primer (primary orality) menuju ke kelisanan sekunder (secondary orality) yang melekat pada budaya komunikasi dunia maya'. Kondisi tersebut, kata Fadli, membangun budaya hoaks karena tradisi lisan yang belum bekembang. Tetapi dengan filateli, hoaks justru bisa diminalisasi.

    Dalam kemeriahan Hari Filateli Indonesia yang jatuh pada 29 Maret 2018, PFI berusaha menjadi agen dan promotor yang bisa mendorong masyarakat meningkatkan kegiatan literasi.

    "Kita ingin turut membentuk karakter bangsa pada kegiatan literasi," pungkasnya.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id