comscore

Pelat Nomor Kendaraan Bakal Ganti Warna dan Dipasangi Cip

Cindy - 06 Januari 2022 14:14 WIB
Pelat Nomor Kendaraan Bakal Ganti Warna dan Dipasangi Cip
Contoh pelat nomor dasar putih. Instagra @polantasindonesia.
Jakarta: Para pemilik kendaraan di Indonesia akan mendapat dua kejutan baru di 2022. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berencana mengubah warna dasar pelat nomor kendaraan hingga pemasangan cip. 

Hal ini terungkap lewat unggahan Instagram resmi @divisihumaspolri, Kamis, 6 Januari 2022. Perubahan pada pelat nomor kendaraan itu untuk memudahkan pihak kepolisian dalam mengawasi setiap kendaraan bermotor. 
"Rencana pemasangan cip terkait perubahan warna dasar plat nomor kendaraan bermotor yang sedang dipersiapkan Polri," dikutip dari Instagram @divisihumaspolri, Kamis, 6 Januari 2022. 

Baca: Berubah, Berikut Kode Wilayah Pelat Nomor Kendaraan di Indonesia

Perubahan warna dasar pelat nomor kendaraan

Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan warna pelat nomor kendaraan bakal berubah dari dasar hitam tulisan putih menjadi dasar putih tulisan hitam. Perubahan ini bakal berlaku bagi pembeli mobil baru serta pemilik mobil yang melakukan perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). 

Perubahan warna ini juga guna memudahkan sistem tilang elektronik (ETLE) membaca pelat nomor pemilik kendaraan. Pasalnya, warna hitam lebih mudah terbaca kamera ETLE. 

"Pergantian warna dasar pelat nomor utamanya untuk kebutuhan ETLE. Jadi kalau warna dasar putih tulisan hitam akan lebih mudah terlihat dari jauh oleh kamera," kata Yusri saat dihubungi, Kamis, 6 Januari 2022. 

Baca: Siap-Siap, Pelat Nomor Kendaraan Bakal Berubah Warna

Pemasangan cip pada pelat nomor kendaraan

Korlantas Polri juga menyiapkan teknologi cip khusus untuk dipasang pada pelat nomor kendaraan. Cip nantinya akan berisi data pemilik kendaraan. 

"Di dalam pelat nomor itu akan ditanam cip dan tertera data-data dari pemilik kendaraan. Apabila tidak sesuai maka akan ditindak atau dikenakan tilang sesuai dengan aturan yang berlaku," ujar Yusri. 

Menurut Yusri, persiapan pelat nomor kendaraan ini akan memakan waktu cukup lama. Meski begitu, perubahan warna pelat nomor dan pemasangan cip sudah diatur dalam Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021.  

"Banyak yang harus kita persiapkan, mengenai aturan, data, dan lain-lain. Tapi ke depannya akan mengarah basis teknologi," ucap dia. 

Baca: Kenali Jenis-jenis Pelat Nomor Kendaraan Listrik di Indonesia

(CIN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id