comscore

Gelar Jumat Agung, Katedral Jakarta Batasi Jemaah 75%

Antara - 15 April 2022 16:53 WIB
Gelar Jumat Agung, Katedral Jakarta Batasi Jemaah 75%
Ilustrasi Gereja Katedral--Metrotvnews.com/Hardiat Dani Satria
Jakarta: Gereja Katedral Jakarta membatasi jemaah yang hadir secara langsung pada perayaan Jumat Agung dalam rangkaian Pekan Suci Paskah 2022 hanya sekitar 75 persen dari kapasitas atau 1.105 orang. Dari jumlah tersebut, 355 umat berada di dalam Gereja Katedral, 330 umat berada di Plaza Mari, dan 420 umat di Aula Yohannes.

"Kapasitas sejak PPKM level 2, maka dikeluarkan ketentuan dari Keuskupan Agung Jakarta 75 persen maksimal. Dan di Katedral Jakarta 1.105 umat yang bisa hadir satu kali kegiatan ibadah," ujar Humas Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie di Katedral, Jakarta, Jumat, 15 April 2022.
Setiap kursi di Gereja Katedral sudah diatur dan diberi tanda jaga jarak antara umat yang satu dan yang lain. Dia menjelaskan jemaah yang hadir adalah mereka yang mendaftar lewat laman BelaRasa milik Keuskupan Agung Jakarta. Jemaat juga dipastikan harus dalam keadaan sehat.

"Jadi sejak awal, komitmen Keuskupan Agung Jakarta untuk memutus mata rantai penularan sehingga prokes ketat itu wajib," kata dia.

Rangkaian Pekan Suci Paskah dimulai dari Minggu Palma (9-10 April 2022), Kamis Putih (14 April), Jumat Agung (15 April), Malam Paskah (Sabtu, 16 April) dan Hari Raya Paskah (Minggu, 17 April).

"Hari ini merupakan rangkaian Tri Hari Suci, di mana kita sudah memasuki hari yang kedua di mana ibadah Jumat Agung tengah berlangsung," kata dia.

Baca: PGI: Jadikan Momen Ramadan dan Paskah Memupuk Toleransi

Pelaksanaan ibadah Jumat Agung di Katedral Jakarta digelar tiga kali. Pertama berlangsung secara daring pada pukul 12.00 WIB, secara hybrid pukul 15.00 WIB, dan terakhir pukul 18.00 WIB.

Untuk pengamanan terdiri dari unsur TNI, Polri, serta Satpol PP sekitar 100 orang. Mereka berjaga di sejumlah titik pintu masuk/akses menuju Katedral.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id