comscore

Penanganan Covid-19 di Luar Jawa-Bali Membaik, 191 Daerah Berstatus Level 1

Kautsar Widya Prabowo - 24 Desember 2021 09:42 WIB
Penanganan Covid-19 di Luar Jawa-Bali Membaik, 191 Daerah Berstatus Level 1
Ilustrasi korona. Medcom.id
Jakarta: Penanganan covid-19 di luar Pulua Jawa-Bali menunjukkan tren positif. Jumlah kabupaten/kota yang masuk kategori pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 bertambah.

Hal itu terdata melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 69 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1 Serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Covid-19 di Wilayah Sumatra, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Regulasi itu ditandatangani Mendagri Tito Karnavian pada Kamis, 23 Desember 2021.
"Terjadi kenaikan level 1 yang periode sebelumnya terdapat 129 kabupaten/kota di luar Jawa Bali sekarang bertambah menjadi 191 daerah," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kemendagri, Safrizal ZA, dalam keterangan tertulis, Jumat, 24 Desember 2021.

Safrizal menyebut kondisi tersebut diikuti dengan menurunya jumlah daerah di level 2. Saat ini, terdapat 169 daerah di level 2.

"Level 3 menjadi sangat sedikit yang hanya 26 daerah di luar Jawa Bali," beber dia.

Ia menekankan dengan semakin banyaknya daerah berstatus level 1, menunjukkan penanganan covid-19 dilakukan baik. Inmendagri diberlakukan pada 24 Desember 2021 sampai 3 Januari 2022.

"Inmendagri ini akan berlaku dan berjalan paralel dengan Imen (instruksi menteri) Nataru (Natal dan tahun baru). Hal-hal yang belum diatur dalam Inmen Nataru akan mengacu kepada Inmendagri yang baru di luar kan ini," jelas dia.

Baca: PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, Jakarta Kembali ke Level 1
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id