Lolos Jadi Calon Jemaah Haji 2020, WNI Tak Serta Merta Melenggang

    Anggi Tondi Martaon - 29 Juli 2020 11:04 WIB
    Lolos Jadi Calon Jemaah Haji 2020, WNI Tak Serta Merta Melenggang
    Ilustrasi korona. Medcom.id
    Jakarta: Sebanyak 13 WNI yang dinyatakan lolos untuk bisa menunaikan ibadah haji tahun ini memang beruntung. Tapi, mereka tak bisa melenggang begitu saja ke tanah suci. Pemerintah Arab Saudi menyeleksi ketat calon jemaah Haji 2020. Terutam terkait kondisi kesehatan.

    "Kita mengisi (formulir) kemudian baru ada hasil keluar," beber salah satu warga negara Indonesia (WNI) yang lolos proses seleksi Haji 2020, Muhammad Wahyu, kepada Medcom.id, Rabu, 29 Juli 2020.

    Dia mengungkapkan formulir diisi secara daring. Sejumlah pertanyaan berkaitan dengan penyakit kronis yang mungkin diderita, seperti jantung dan diabetes.

    Panitia seleksi juga menanyakan soal gejala covid-19. Selanjutnya, calon jemaah menjalankan serangkaian tes di fasilitas kesehatan yang ditunjuk Pemerintah Arab Saudi.

    (Baca: 4 WNI Lolos Seleksi Haji 2020 Positif Covid-19)

    Data itu kemudian dibandingkan dengan data yang diisi calon jemaah. "Jadi apa yang kita tes (data kesehatan yang diberikan) itu harus sesuai, harus sinkron. Pihak Pemerintah Arab Saudi hanya melihat itu," tutur dia.

    Pemerintah Arab Saudi juga memberikan persyaratan lain, seperti belum pernah menunaikan ibadah haji dan berumur 20-65 tahun. "Rata-rata saya lihat itu usia bugar. Usia yang produktif, sehatlah dalam perjalanan (Haji 2020)," ujar dia.

    Calon jemaah yang lolos seleksi juga harus menjalankan karantina mandiri selama 14 hari. Pergerakan mereka dipantau dengan gelang khusus.

    Pemerintah Arab Saudi tetap menyelenggarakan Haji 2020 dengan kuota terbatas. Sebab, penyelenggaraan rukun ke-5 dalam Islam itu dilakukan di tengah pandemi virus korona.

    Sebanyak 13 jemaah asal Indonesia lolos proses seleksi penyelenggaraan Haji 2020. Mereka merupakan bagian dari 1.000 orang yang diperbolehkan pemerintah Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.


    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id