Pemerintah Belum Putuskan Harga Standar PCR

    Nur Azizah - 10 September 2020 18:06 WIB
    Pemerintah Belum Putuskan Harga Standar PCR
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah belum memutuskan harga standar polymarese chain reaction (PCR). Hingga saat ini, pemerintah masih mencari rumus yang ideal untuk menetapkan harga PCR.

    "Standarisasi harga tes PCR masih dalam tahap perumusan dan proses ini dilakukan dengan keterlibatan berbagai pihak penyelenggara," kata juru bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 10 September 2020.

    Tim yang terlibat dalam merumuskan harga PCR ialah Kementerian Kesehatan, rumah sakit, dan provider pembuat PCR. Wiku berjanji bakal mengumumkan harga tes usap pada publik usai ditentukan.
     
    "Jika telah dirumuskan standar patokan harga tes kami akan secara transparan memberitahukan kepada publik dan segera menetapkan pada laboratorium-laboratorium penyelenggara testing," ucapnya.

    Baca: PSBB Total Dinilai Tepat Menekan Angka Covid-19 di Jakarta

    Sebelumnya, DPR mendesak pemerintah menindaklanjuti tingginya harga tes PCR di sejumlah rumah sakit. Harga tes usap covid-19 di beberapa fasilitas kesehatan bahkan disebut lebih tinggi ketimbang biaya pengadaan.

    Anggota Komisi IX DPR Saleh Daulay mengungkapkan ada beberapa hal yang harus dilakukan. Pertama, menjamin ketersediaan kebutuhan tes PCR seperti reagen.

    Harga tes menjadi mahal karena stok reagen terbatas di lapangan. Selain meminta menurunkan harga PCR, DPR juga mendesak pemerintah untuk menjamin alat pelindung diri bagi tenaga kesehatan.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id