Ongkos Lunas, Calon Haji 2020 Tetap Berangkat Tahun Depan

    Fachri Audhia Hafiez - 07 Juni 2020 08:28 WIB
    Ongkos Lunas, Calon Haji 2020 Tetap Berangkat Tahun Depan
    Ilustrasi ibadah haji atau umrah. AFP
    Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) menjamin calon jemaah yang telah melunasi biaya haji pada musim haji 1441 Hijriah atau 2020 akan diberangkatkan tahun depan. Kuota calon jemaah haji tahun ini dipastikan tidak akan hilang.

    "Jadi yang dimaksud otomatis pasti berangkat adalah jemaah haji yang berhak lunas tahun ini dan berangkat tahun ini, lalu sudah melunasi. Maka tahun depan otomatis dia yang berangkat," kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Janis dalam keterangan pers, Minggu, 7 Juni 2020.

    Muhajirin menjelaskan pembatalan keberangkatan haji pada tahun ini hanya memundurkan masa antrean jemaah dalam sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat). Calon haji yang mestinya berangkat 2021 mundur menjadi 2022, begitu pula seterusnya.

    Jemaah yang telah lunas akan tetap memiliki nomor porsi untuk diberangkatkan tahun depan. Calon jemaah haji sejatinya telah membayarkan setoran awal dan setoran pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih).

    Pemerintah memberikan dua opsi terkait pembatalan keberangkatan jemaah haji. Pertama, jemaah tidak menarik kembali biaya yang telah disetorkan. Kedua, jemaah haji dapat menarik setoran pelunasan Bipih 1441 Hijriah.

    "Tapi perlu diingat, bagi mereka yang menarik setoran pelunasan, maka tahun depan mereka harus kembali melunasi Bipih yang ditetapkan. Karena kalau tidak melunasi, ia dianggap membatalkan keberangkatan hajinya di tahun depan," ujar Muhajirin.

    Baca: Calhaj tak Berencana Tarik Setoran Lunas BPIH

    Sementara itu, jemaah yang menarik seluruh setoran haji, mulai dari setoran awal dan pelunasan dinyatakan telah membatalkan porsi keberangkatannya.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id