Mensos Tegur Pejabat Daerah Agar Penyaluran Bansos Tak Mandek

    Fachri Audhia Hafiez - 10 Juli 2020 03:07 WIB
    Mensos Tegur Pejabat Daerah Agar Penyaluran Bansos Tak Mandek
    Menteri Sosial Juliari Peter Batubara dalam program NewsMaker Medcom.id
    Jakarta: Menteri Sosial Juliari Peter Batubara mengaku pernah menegur pejabat daerah saat mengurus penyaluran bantuan sosial (bansos) covid-19. Upaya tersebut dilakukan guna melancarkan proses penyaluran bantuan pemerintah itu.

    "Saya langsung kok (komunikasi) ke bupati dan walikota. Saya enggak sungkan-sungkan menegur ataupun menanyakan progresnya," kata Juliari dalam program NewsMaker yang dipandu Direktur Pemberitaan Medcom.id, Abdul Kohar, Kamis, 9 Juli 2020.

    Juliari mengatakan pemerintah daerah mesti sanggup memformulasikan penyaluran bansos agar tak bermasalah. Pasalnya, masalah yang kerap timbul karena ketidakmampuan pemerintah daerah mengatur alur penyaluran bansos.

    "Jadi memang leadership dari kepala daerah dan jajaran itu seperti timing-nya diatur. (Keberhasilan penyaluran) itu memang kuncinya di mereka," ucap Juliari.

    Baca: Penyerapan Anggaran Covid-19 Kemensos Sudah 62 Persen

    Juliari mengaku kerap melibatkan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) jika menemukan daerah yang tidak beres menyalurkan bansos. Sehingga penanganan warga terdampak covid-19 bisa dikebut.

    "Artinya kalau ada daerah yang lambat, istilahnya daerah yang 'kok ini di anggarannya sudah disediakan tapi enggak di salur-salurkan' saya istilahnya pinjam pentungannya (Ditjen Otda)," ucap Juliari.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id