Menkes Benarkan Satu WNA Ikut Dikarantina di Natuna

    Nur Azizah - 04 Februari 2020 22:30 WIB
    Menkes Benarkan Satu WNA Ikut Dikarantina di Natuna
    Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. MI/Ramdani.
    Bogor: Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto membenarkan ada satu warga negara asing (WNA) ikut dikarantina di Natuna, Kepuluan Riau. WNA tersebut suami dari salah satu WNI yang ikut dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok. 

    "Dia kan suami dia bawa anak dua sama istrinya orang Indonesia. Kamu tega enggak ninggalkan suaminya. Ya enggak mungkin kan. Dia bukan warga negara China, dia dari Eropa," kata Terawan usai rapat soal Korona di Istana Bogor, Selasa, 4 Februari 2020.

    Menkes belum mengidentifikasi asal negara yang bersangkutan. Dia memastikan yang WNA itu telah melewati proses imigrasi dan sah secara hukum memasuki wilayah Indonesia. 

    "Sah saja. Kan orang dari Eropa datang ke Indonesia sah tidak?" ujarnya. 

    Menkes Benarkan Satu WNA Ikut Dikarantina di Natuna
    WNI dari Wuhan tiba di Bandara Hang Nadim Batam. Foto: Dok Kemenlu

    Menurut Terawan, kebijakan membawa WNA ikut dievakuasi dari Wuhan semata karena alasan kemanusiaan. Terlebih yang bersangkutan memilki anak dan istri WNI. 

    "Kita ini bangsa Indonesia bangsa yang arif. Yang betul-betul ingin membantu semua orang. Tapi juga ingin melindungi bangsa dan negara kita," pungkasnya.

    Pemerintah mengevakuasi 243 warga negara Indonesia (WNI) dari Hubei, Tiongkok. Sebanyak lima di antaranya merupakan tenaga pendahulu utusan pemerintah.
     
    Warga yang dipulangkan dari lokasi awal sebaran virus korona langsung dikarantina 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau. Pemulangan dilakukan lantaran WHO sudah menerapkan wabah virus korona sebagai status darurat global.
     
    Angka kematian akibat korona telah mencapai 425 orang dan total infeksi sebanyak 19.550 di seantero Negeri Tirai Bambu hingga Selasa, 4 Februari 2020. Satu kematian akibat korona di luar Tiongkok dilaporkan terjadi di Filipina dan Hong Kong.



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id