Donasi Konsumen Alfamart Libatkan Enam Yayasan

    M Studio - 25 Maret 2020 08:00 WIB
    Donasi Konsumen Alfamart Libatkan Enam Yayasan
    Melalui program Donasi Konsumen Alfamart 2019 pelanggan diajak membantu sesama yang membutuhkan bantuan (Foto:Dok.Alfamart)
    Jakarta: Alfamart sebagai toko komunitas yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, menggelar program Donasi Konsumen Alfamart 2019. 

    Melalui program tersebut, Alfamart mengajak peran aktif pelanggan untuk membantu sesama yang membutuhkan uluran tangan. Melalui program Donasi konsumen, pelanggan bisa memberikan uang receh kembalian belanjanya sebagai donasi.

    “Salah satu program positif Alfamart untuk menggalang donasi dari konsumen yang dikelola oleh yayasan penyalur dan diberikan kembali manfaat sepenuhnya untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan,” ujar Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman.

    Yayasan penyalur donasi konsumen Alfamart adalah yayasan sosial yang memiliki izin resmi, memiliki struktur organisasi yang jelas, program yang bisa memberikan manfaat, kredibel dan bisa dipertanggung jawabkan. Selain itu, program Donasi Konsumen Alfamart telah mendapatkan legalitas izin resmi pemerintah melalui Kementerian Sosial dan Kementerian Agama, dan laporan pertanggungjawabnya diberikan secara periodik.

    Nur Rachman menyebutkan sejak Januari hingga Desember 2019 terdapat enam yayasan yang bekerja sama untuk menyalurkan donasi konsumen. “Setiap periode penggalangan yakni satu bulan, dua bulan, hingga tiga bulan disalurkan oleh satu yayasan dengan program bantuan yang berbeda pula,” katanya.

    Periode Januari hingga Maret, disalurkan oleh yayasan Bahrul Maghfiroh Cinta Indonesia (BMCI) berupa paket sembako untuk masyarakat prasejahtera. Total donasi sebesar Rp3.312.940.280 dibagikan dalam bentuk lebih dari 29 ribu paket sembako. Nomor registrasi izin penggalangan donasi periode ini adalah SK Kemensos RI no 56/HUK - PS/2019.

    Kemudian, periode April hingga Juni, donasi Rp3.604.782.245 disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU). Izin LAZISNU dikeluarkan oleh Kementerian Agama no SK Kemenag 255/2016. Penyalurannya berupa 200 gerobak usaha mandiri, kegiatan khitan massal yang diselenggarakan di 12 kota/kabupaten dan juga untuk perbaikan atau pembangunan 20 rumah ibadah.

    Pada bulan Juli, donasi Rp1.246.519.005 disalurkan kepada Yayasan Peduli Anak Kanker Indonesia untuk biaya operasional tujuh rumah singgah anak penderita kanker. Periode ini mendapat izin penggalangan dari SK Kemensos RI no 56/HUK - PS/2019.

    Selanjutnya pada Agustus, Yayasan Mizan Amanah menyalurkan donasi konsumen Rp1.200.523.452 berupa sepatu sekolah kepada 9.823 siswa SD dan SMP di pelosok daerah. Izin penggalangan oleh Yayasan Mizan Amanah mendapat izin dari Kementerian Agama melalui SK Kemenag RI no 764/2018.

    Donasi konsumen periode September disalurkan oleh Yayasan Sayap Ibu untuk bantuan disabilitas dan anak terlantar. Jumlah donasi Rp1.155.396.029 untuk bantuan 110 alat bantu penyandang disabilitas dan program pengembangan layanan masyarakat terapi terpadu, yakni pemberian terapi bagi penyandang disabilitas dan pelatihan kewirausahaan. Izin SK Kemensos RI no 1070/08-2019.

    Pada Oktober, disalurkan melalui Yayasan Mizan Amanah untuk program bantuan pendidikan duafa, dengan izin SK Kemensos RI no 0510/04-2019. Donasi Rp1.244.598.640 diberikan berupa pembangunan PAUD di NTT, 2.000 pasang sepatu, beasiswa perguruan tinggi untuk 5 mahasiswa dari keluarga duafa, 450 kacamata minus serta 200 paket perlengkapan sekolah.

    Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) menyalurkan donasi konsumen bulan November dan Desember. Izin LAZISMU diterbitkan oleh Kementerian Agama melali Keputusan Menteri Agama RI No 730/ 2016. 

    Pada November terkumpul Rp1.302.899.371 disalurkan berupa modal usaha untuk 692 pedagang kecil, 30 sarana usaha seperti gerobak, kompor dan rak serta 50 paket bantuan kemanusiaan.

    Kemudian Desember, LAZISMU menyalurkan donasi Rp1.440.590.821 untuk 3.760 sarana ibadah, antara lain karpet sajadah, sarung, mukena, pengeras suara, untuk masjid, musala dan pondok pesantren.

    Donasi konsumen diharapkan memberikan kemudahan pada banyak bidang seperti pendidikan, kesehatan, dan kemanusiaan.

    "Kami mengucapkan terima kasih kepada konsumen Alfamart yang secara sukarela memberikan donasi atas uang kembalian belanjanya. Meski sedikit, bila dihimpun dan diberikan secara tepat sasaran terbukti bisa membawa manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata Nur Rachman.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id