Penanggulangan Covid-19 Harus Dipegang Ahli Kesehatan

    Medcom - 11 September 2020 08:25 WIB
    Penanggulangan Covid-19 Harus Dipegang Ahli Kesehatan
    Ilustrasi Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah disarankan menempatkan orang yang tepat di kursi pimpinan penangulangan covid-19. Pandemi saat ini harus ditangani oleh ahli atau profesional Kesehatan.

    "Pada hakikatnya saat ini adalah krisis kesehatan yang berdampak pada perekonomian. Jika masalah kesehatan ini dapat diatasi, maka otomatis ekonomi mengikuti. Jadi harus dipegag ahli kesehatan, bukan ahli ekonomi," kata pengamat politik, hukum dan keamanan Dewinta Pringgodani, Jumat, 11 Sepember 2020.

    Menurut Dewinta penanganan kesehatan di masa covid-19 harus menjadi prioritas, jika masyarakat masih khawatir atau takut melakukan kegiatan fisik maka perekonomian tidak akan pulih.

    "Krisis kali ini berbeda dengan krisis ekonomi sebelumnya, karena krisis kali ini disebabkan pandemi covid-19. Semua energi, anggaran, fokus, dan respons kebijakan harus ditujukan pada penanganan masalah kesehatan," kata Dewinta.

    Dewinta menyebut covid-19 memaksa pemerintah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan PSBB membatasi pergerakan masyarakat. Padahal pergerakan masyarakat merupakan salah satu pilar penting dalam perekonomian Indonesia.

    "Kalau tidak melakukan kegiatan atau kontak fisik, kegiatan perekonomian berkurang drastis," kata Dewinta.

    Dewinta menyebut pandemi covid-19 membuat masyarakat tidak nyaman dan khawatir berkegiatan di luar rumah hingga berdampak pada ekonomi.

    "Anggaran yang dikeluarkan tidak akan cukup jika krisis kesehatan belum terselesaikan. Dengan demikian penanganan kesehatan harus menjadi prioritas utama," kata Dewinta.

    Dewinta sepakat Jakarta kembali ke PSBB untuk menekan angka penularan covid-19. "Semoga rem darurat ini diikuti daerah-daerah lain untuk memutus mata rantai covid-19," kata Dewinta.

    (FZN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id