Tumpahan Minyak Mentah Belum Berdampak ke Hutan Mangrove

    Fachri Audhia Hafiez - 07 Agustus 2019 07:32 WIB
    Tumpahan Minyak Mentah Belum Berdampak ke Hutan Mangrove
    Ilustrasi tumpahan minyak di Karawang - ANT/M Ibnu Chazar.
    Karawang: Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Wawan Setiawan, menyebut tumpahan minyak mentah milik Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) di perairan Karawang belum berdampak pada hutan mangrove. Tanaman air payau itu masih normal.

    "Kalau dampak terhadap hutan mangrove, belum terlihat. Kondisi tanaman itu cenderung masih hidup dan kuat," kata Wawan dikutip dari Antara, Selasa, 6 Agustus 2019.

    Wawan memperkirakan tiga bulan ke depan baru akan diketahui dampak tumpahan minyak mentah. Saat ini, hutan mangrove di sejumlah titik bibir pantai Karawang diyakini belum terdampak.

    Sementara itu, Pertamina tengah melakukan strategi proteksi berlapis di sekitar anjungan untuk penanganan tumpahan minyak mentah. 

    (Baca juga: Pertamina Dituntut Ganti Rugi Kerusakan Lingkungan di Karawang)

    Vice President Relations PT Pertamina Hulu Energi, Ifki Sukarya, menyebut pihaknya berhasil mempercepat rencana tajak pengeboran Relief Well YYA-1RW. Cara itu, bagian dari upaya menghentikan gelembung gas setelah selama satu minggu melakukan survei untuk menentukan titik sumur dan penempatan rig.

    Pertamina menggandeng perusahaan di bidang well control yang telah menangani peristiwa serupa di Teluk Meksiko, kendati permasalahan yang terjadi di Indonesia dalam skala yang jauh lebih kecil. Pertamina juga menggandeng perusahaan lain untuk membantu memberikan pandangan dan kajian bersama terkait optimalisasi penanganan situasi tersebut.

    Ifki menambahkan selama proses pengeboran relief well YYA-1RW berlangsung, Pertamina terus memastikan keselamatan tim, masyarakat, serta menyelesaikan permasalahan lingkungan di sekitar lokasi.  



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id