Bongkar Praktik Stem Cell Ilegal di Jaksel, 3 Orang Ditangkap

    Candra Yuri Nuralam - 13 Januari 2020 07:36 WIB
    Bongkar Praktik <i>Stem Cell</i> Ilegal di Jaksel, 3 Orang Ditangkap
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya menggerebek lokasi praktik suntik stem cell ilegal di Hubs Clinic, Jalan Kemang Selatan VIII, Jakarta Selatan. Tiga orang ditangkap dalam penggerebekan ini.

    "Kami dapat laporan masyarakat adanya praktik kedokteran secara ilegal, dan tanpa izin dengan modus penyuntikan stem cell tanpa izin edar BPOM, serta tidak kompetennya dokter yang melakukan penyuntikan," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Suyudi Ario Seto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu, 12 Januari 2020.

    Ketiga orang yang ditangkap yakni berinisial YW, LJ, dan OH. Mereka punya peran berbeda. "YW bertugas membawa stem cell dari Jepang, LJ bertugas sebagai pencari konsumen, dan OH bertugas sebagai dokter sekaligus pemilik klinik," ujar Suyudi.

    Suyudi mengatakan klinik mematok harga Rp230 juta kepada para pelanggan untuk sekali penyuntikan. Klinik ini sudah berjalan selama tiga tahun.

    "Pelaku menjual barangnya seharga USD16 ribu atau sekitar Rp230 juta, pasien harus menyetorkan DP terlebih dahulu sebesar 50 persen yakni jumlah USD8 ribu kepada tersangka YW," tutur Suyudi.

    Pelaku baru memesan serum stem cell dari Jepang setelah menerima uang muka dari korban. Pelaku kemudian memberitahu korban untuk bisa kembali ke klinik saat barang sudah sampai.

    Polisi menyita lembar kuitansi pembayaran uang muka, hasil lab pasien, hingga botol ampul serum stem cell. 

    Pelaku terancam dijerat Pasal 204 ayat 1 KUHP, dan atau Pasal 263 KUHP, dan atau Pasal 75 ayat 1, Pasal 76 UU Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran, dan atau Pasal 201 juncto Pasal 198 juncto Pasal 108 UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, dan atau Pasal 8 ayat 1 huruf a UU RI Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id