Jokowi Minta Rehabilitasi Kerusakan di Wamena Segera Dirampungkan

    Damar Iradat - 28 Oktober 2019 12:48 WIB
    Jokowi Minta Rehabilitasi Kerusakan di Wamena Segera Dirampungkan
    Presiden Joko Widodo saat meninjau pasar khusus Mama Papua di Distrik Anggi, Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat. Foto: Thoyib/Antara
    Wamena: Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya segera merampungkan rehabilitasi terhadap rumah warga dan rumah toko di Wamena, Papua, yang rusak akibat kerusuhan pada September 2019. Jokowi ingin pergerakan ekonomi di Wamena kembali normal.

    "Saya kira itu yang kita harapkan di Wamena. Bukan hanya ekonomi di Wamena dan sekitarnya, kita harapkan di Tanah Papua juga sama. Saya mengecek beberapa di Papua Barat, di sini, akan normal kembali," kata Jokowi di Wamena, Papua, Senin, 28 Oktober 2019.

    Jokowi mengatakan perbaikan rumah warga akan dikerjakan secara swakelola, kerja sama Zeni dengan BUMN. Tujuan swakelola ini agar proses rehabilitasi lebih cepat.

    Namun, terang dia, rehabilitasi kantor Bupati akan dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Proses perbaikan masih berjalan.

    "Yang penting cepat dikerjakan, anggarannya dari (Kementerian) PU," ucap dia.

    Jokowi juga mengaku akan memprioritaskan rehabilitasi Pasar Wouma yang menjadi salah satu titik kerusuhan. Pemerintah akan mendahulukan perbaikan pasar tersebut karena merupakan tempat pergerakan ekonomi masyarakat.

    "Pasar Wouma sangat diperlukan masyarakat Wamena dan sekitarnya. Sehingga ini kita berikan prioritas, didahulukan," kata dia.

    Jokowi menargetkan rehabilitasi Pasar Wouma rampung dalam tempo dua minggu. Zeni TNI ditugaskan untuk memperbaiki pasar tersebut.

    "Insyaallah selesai dua minggu. Sudah langsung bisa dipakai, sehingga kegiatan ekonomi yang berada di pasar ini kembali pulih secepat-cepatnya," imbuh dia.

    Tak lupa, Jokowi meminta masyarakat menjadikan kerusuhan ini sebagai pembelajaran. Masyarakat harus memegang komitmen untuk bersatu membangun Tanah Papua.

    "Kalau yang berada di sini semuanya memegang komitmen untuk tetap selalu bersatu, bersama-sama membangun Tanah Papua, saya kira kesejahteraan dan kemakmuran akan cepat kita peroleh," kata dia.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id