Cerita TKI yang Telantar di Bandara Dubai

    Arga sumantri - 15 Desember 2019 01:08 WIB
    Cerita TKI yang Telantar di Bandara Dubai
    Tangkapan layar unggahan Anggota DPR Dedi Mulyadi bersama TKI asal Labuan Bajo, NTT.
    Jakarta: Ahmad Yani, seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, telantar di Bandara Dubai, Jumat, 13 Agustus 2019. Ia terpisah dari rombongan agen. 

    Beruntung, Yani bertemu anggota DPR Dedi Mulyadi. TKI perkapalan itu selamat berkat unggahan Dedi di facebook.

    Dedi bercerita, ketika itu ia baru pulang dari konferensi perubahan iklim di Madrid, Spanyol. Saat transit di Bandara Dubai, ia menemukan warga Indonesia yang sedang kebingungan

    "Pemuda itu tidak bisa diajak bicara. Ditanya namanya pun tampak kebingungan," kata Dedi kepada wartawan, Sabtu, 14 Desember 2019.

    Menurut Dedi, pemuda itu hanya bilang kalau ingin pulang bertemu dengan ibunya di Labuan Bajo, NTT. Dedi pun mencoba mencari identitas pemuda dan menemukan dokumen ijazah Madrasah Aliyah yang tersimpan di dalam tas.

    Belakangan, Dedi mengetahui kalau pria bernama Ahmad Yani itu terpisah dari rombongan. Yani awalnya bersama rombongan agen tenaga kerja terbang dari Mauritus menuju Dubai.

    "Tapi ketika tiba di Bandara Dubai, dia terpisah, sehingga kelimpungan," ujarnya. 

    Ahmad Yani bingung karena tiket dan paspornya dibawa sang agen. Ia juga tidak membawa uang sama sekali. Dedi memberi Ahmad Yani uang untuk bekal selama mencari agennya.

    Singkat cerita, Dedi pun mengunggah foto dirinya bersama Ahmad Yani di facebook. Dedi menulis narasi bahwa ia bertemu Ahmad Yani pukul 08.45 waktu Dubai. Dedi menulis kalau pria yang ditemuinya mengalami masalah tiket dan paspor karena terpisah dari rombongan.

    Rupanya, unggahan Dedi itu dibaca agen yang kebetulan berteman dengan Dedi di facebook. Agen itu diketahui seorang perempuan bernama Lily.

    "Kemungkinan dia (Lily) jadi pengikut saya di facebook sehingga bisa membaca postingan saya," kata Dedi

    Unggahan Dedi mendapat beragam respons dari warganet. Beberapa dari mereka mengecam agen yang membiarkan TKI telantar di Dubai.

    Melalui akun facebook, Lily selaku agen TKI menyampaikan klarifikasi. Lily menceritakan kronologi dirinya terpisah dengan Ahmad Yani. Awalnya, kata Lily, ia dikirim perusahaannya untuk menjemput Ahmad Yani karena dalam kondisi tidak baik.

    Ia dan Ahmad Yani berangkat bersama-sama dari Mauritius ke Dubai. Namun, tempat duduk Lily dan Ahmad Yani sangat jauh. Ia pun tidak bisa meminta tempat duduk dekat Ahmad Yani karena penumpang sudah penuh.

    Ketika tiba di Dubai, Lily berusaha mengejar Ahmad Yani yang sudah jauh berada di depan, namun gagal. Ia dan Ahmad Yani terpisah.

    Lily beserta polisi bandara kemudian mencari Ahmad Yani. Mereka berpikir Yani tidak akan jauh karena kondisi tidak baik.

    "Tapi rupanya ada orang yang membantunya langsung ke gate C22. Alhamdulillah kami sudah bertemu atas bantuan postingan Pak Dedi dan pihak Bandara Dubai," kata Lily.

    Usulkan Ada Petugas Patroli di Bandara

    Dedi mengaku heran lantaram setiap pergi ke luar negeri, ia kerap menemukan ada TKI bermasalah. Sebelumnya, ketika dari Malaysia, Dedi mengaku menemukan pula TKI yang kabur dari majikannya dan telantar di Bandara Malaysia.

    Ia juga mengaku pernah membantu TKI bermasalah dari Afrika saat berada di Dubai. Kini, ia juga menemukan Ahmad Yani, pekerja perkapalan asal Labuan Bajo yang kebingungan lantaran terpisah dari rombongan agen.

    "Saya punya feeling bahwa saya pasti menemukan peristiwa seperti ini. Setiap pergi ke luar negeri, saya selalu temukan problem TKI," kata Dedi.

    Dedi pun mengusulkan agar Kedutaan Besar Indonesia menempatkan petugas di bandara-bandara yang menjadi tempat potensi keberangkatan atau transit TKI. Misalnya, Bandara Malaysia, Dubai, Arab Saudi, dan lainnya.

    "Saya usulkan setiap hari ada petugas untuk monitor dan keliling di bandara untuk membantu jika ada TKI yang mengalami kesulitan," kata anggota DPR fraksi Partai Golkar ini.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id