RI Bantu Timor Leste Tuntaskan Sampah Plastik

    Theofilus Ifan Sucipto - 12 Desember 2019 06:10 WIB
    RI Bantu Timor Leste Tuntaskan Sampah Plastik
    Wakil Menteri Kementerian LHK Alue Dohong (kiri) bersama Menteri Lingkungan Timor Leste, Demetrio do Amaral de Carvalho. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
    Madrid: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI membantu Timor Leste menangani masalah sampah dan plastik. Kerja sama itu terwujud karena kedekatan wilayah kedua negara.

    "Keterikatan sejarah kedua negara dan keterkaitan lanskap serta ekosistem membuat kerja sama antara kedua negara selalu sangat penting," kata Wakil Menteri KLHK Alue Dohong di Gedung Ifema Madrid, Spanyol, Rabu, 11 Desember 2019.

    Menurut Alue, Indonesia telah memiliki basis kebijakan dan peraturan perundang-undangan terkait dengan penanganan sampah daratan, termasuk plastik dan juga sampah laut.

    Apalagi, sambung Alue, Indonesia sudah melarang penggunaan plastik sekali pakai. Indonesia juga telah mengembangkan bioplastik dari singkong.

    Selain itu, Indonesia memiliki peta jalan (roadmap) untuk menangani sampah dan plastik di tingkat produsen. Indonesia menggalakkan kampanye mengurangi penggunaan plastik selain memanfaatkan teknologi dan regulasi.

    Alue menilai ada peluang penggunaan bahan plastik untuk energi di Timor Leste. Untuk itu, Alue menyambut baik rencana perdagangan bilateral terkait plastik.

    "Usulan Timor Leste membentuk kerja sama regional penanganan sampah plastik baik di darat maupun di laut sangat baik," ucap Alue.

    Menteri Lingkungan Timor Leste, Demetrio do Amaral de Carvalho menyambut baik respons Indonesia. Demetrio menilai kerja sama itu penting untuk mengurangi sampah plastik yang mengganggu ekosistem laut.

    "Persoalan plastik laut berpenggaruh pada biota laut seperti blue whale dan dugong yang mati akibat mengonsumsi plastik," pungkas Demetrio.

    (HUS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id