comscore

Vakum 10 Tahun, IGTE 2019 Kembali Diadakan

Sri Yanti Nainggolan - 22 Agustus 2019 00:58 WIB
Vakum 10 Tahun, IGTE 2019 Kembali Diadakan
Peluncuran Indonesia Geospatial Technology Exhibition (IGTE) 2019. (Foto: Medcom.id/ Sri Yanti Nainggolan).
Jakarta: Badan Informasi Geospasial (BIG) kembali mengadakan Indonesia Geospatial Technology Exhibition (IGTE) pada 21-22 Agustus 2019 di Hotel Raffles Jakarta. Acara tersebut merupakan rangkaian dari ulang tahun BIG ke-50 tahun ini.

IGTE pertama kali diadakan pada tahun 2006 dan sempat vakum sejak 2009. Tema yang diambil adalah Geospatial Information for Sustainable Development of Indonesia.
"IGTE adalah salah satu pertanggungjawaban BIG pada masyarakat karena pembangunan geospasial pakai uang rakyat dan negara. Jadi rakyat perlu tahu uangnya ke mana," ujar Kepala BIG Hasanuddin Zainal Abidin di pembukaan IGTE 2019, Rabu, 21 Agustus 2019. 

Sebelumnya, IGTE rutin digelar setiap tahunnya sebagai sarana bagi pemerintah daerah (pemda), kementerian/ lembaga, akademisi, dan masyarakat untuk bertukar informasi seputar informasi geospasial. Namun, acara terhenti karena adanya perubahan kebijakan. 

Pada kesempatan tersebut, BIG juga meluncurkan (soft launching) sistem rekomendasi online tata ruang wilayah. Aplikasi ini diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah dalam menyusun Peta Rencana Tata Ruang.

BIG juga mengumumkan finalis penghargaan inovasi pemanfaatan informasi geospasial yaitu Sleman, Kulon Progo, Sragen, Bandung, Makassar, Manado, Palembang, Pekanbaru, dan Semarang. Penghargaan tersebut diberikan dua tahun sekali.

(EKO)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id