Presiden Minta Kasus Perundungan Ditindak Tegas

    Achmad Zulfikar Fazli - 10 April 2019 18:52 WIB
    Presiden Minta Kasus Perundungan Ditindak Tegas
    Presiden Jokowi. (Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli)
    Jakarta: Presiden Joko Widodo prihatin atas kasus perundungan yang dialami seorang siswi sekolah menengah pertama (SMP) berinisial AY, 14, di Pontianak, Kalimantan Barat. Dia meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian menindak tegas setiap kasus perundungan.

    "Saya sudah perintahkan kepada Kapolri untuk tegas menangani ini sesuai prosedur hukum. Tegas," kata Jokowi di Istora Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu, 10 April 2019.

    Jokowi menyoroti penggunaan media sosial dalam kasus perundungan yang dialami AY ini. Menurut dia, ada proses interaksi yang berubah dengan adanya media sosial. Namun, perubahan itu tak semuanya bisa menyikapi dengan baik.

    "Ini adalah masa transisi yang kita semua harus hati-hati. Terutama, awasi betul anak-anak kita. Jangan sampai terjebak pada pola interaksi sosial yang sudah berubah tetapi kita belum siap," ucap dia.

    Baca juga: AY Didampingi Psikolog

    Perubahan pola interaksi ini, terang dia, juga harus diperhatikan oleh guru, orang tua serta masyarakat. Sehingga, mereka bisa merespons perubahan ini dengan baik dan meluruskan hal-hal yang tak benar di lingkungannya.

    "Ini harus disikapi bersama-sama, karena ada sebuah pergeseran, masa transisi, pola interaksi sosial antarmasyarakat yang berubah karena keterbukaan media sosial," terang dia.

    Dia tak menampik perlu ada regulasi menyelesaikan masalah ini. Namun yang terpenting, kata dia, nilai-nilai budaya, etika dan agama perlu ditanamkan kepada semua masyarakat untuk menghindari tindakan perundungan.

    "Semuanya tidak memperbolehkan hal tersebut. Jelas sekali kok," pungkas dia.

    AY dikeroyok oleh sejumlah siswi SMA beberapa waktu lalu. Akibat pengeroyokan itu, AY mengalami trauma dan dirawat di sebuah rumah sakit. 

    Pemicu pengeroyokan diduga akibat masalah asmara dan saling komentar di media sosial.    Kasus AY sempat menghebohkan dunia dengan menjadi topik utama pembicaraan di Twitter dengan tagar #JusticeForAudrey. 




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id