Mendapat Bully Saat Amankan Jatah Vaksin, Bio Farma: Itu Vitamin

    Fachri Audhia Hafiez - 09 Maret 2021 22:58 WIB
    Mendapat <i>Bully</i> Saat Amankan Jatah Vaksin, Bio Farma: Itu Vitamin
    Ilustrasi vaksin covid-19. AFP



    Jakarta: Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir menceritakan masa awal pemesanan vaksin covid-19. Perusahaan pelat merah itu sempat mendapat perundungan (bully) ketika ingin mengamankan jatah vaksin Sinovac.

    "Memang di-bully, kita tahu lah ya (fenomena itu). Kalau bagi kami sendiri di Bio Farma ya di-bully itu vitamin," kata Honesti dalam dialog virtual 'Evaluasi Satu Tahun Penanganan Covid-19 di Indonesia: Perspektif Kebijakan dan Implementasi', Selasa, 9 Maret 2021.






    Honesti menyebut perundungan akibat pemerintah mengumumkan bakal membeli vaksin. Padahal, anggaran pembelian vaksin belum ada.

    "Bio Farma bisa terancam utang besar-besaran. Kontraknya belum ada, (pengadaan) menyalahi aturan, dan budgetnya belum ada," ujar Honesti.

    Honesti tak memungkiri risiko tinggi memesan vaksin Sinovac sebelum uji klinik tahap tiga selesai. Namun, langkah cepat mesti diambil pemerintah untuk mengamankan jatah vaksin.

    Dia menyebut pengadaan jatah stok vaksin dalam negeri bisa molor bila keputusan tak cepat diambil. Sebab, negara-negara dengan dukungan finansial tinggi juga berebut jatah vaksin.

    "Alhamdulillah Indonesia termasuk salah satu negara yang dipuji dalam sisi penyiapan vaksin. Kalau enggak salah ada 60 negara yang sudah mulai vaksinasi, kita salah satunya," ucap Honesti.

    Dia mengatakan kepercayaan diri Indonesia memesan vaksin karena didukung semua pemangku kepentingan. Khususnya, Kementerian Koordinator bidang Perekonomian dan Menteri Keuangan yang menyokong kemudahan pendanaan.

    "Intinya bagi kami kondisi pandemi memang harus dilakukan kolaborasi dari semua stakeholder. Kita tidak bisa lakukan sendiri," ujar Honesti.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id