Uji Klinis Fase III Vaksin Inggris Dilakukan di Indonesia

    Nur Azizah - 15 Oktober 2020 11:07 WIB
    Uji Klinis Fase III Vaksin Inggris Dilakukan di Indonesia
    Ilustrasi pembuatan vaksin. Shutterstock
    Jakarta: Indonesia bekerja sama dengan Imperial College London (ICL) mengembangkan vaksin covid-19. Vaksin yang diberi nama Covac itu akan memasuki uji klinis tahap tiga dan diuji coba di Indonesia.

    "Indonesia menyambut baik kerja sama uji klinis fase III dengan ICL sebagai upaya menanggulangi pandemi covid-19," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (BPPK) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Slamet dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis, 15 Oktober 2020.

    Slamet mengatakan ICL mengembangkan vaksin covid-19 berbasis strand kode genetik RNA sintesis. Vaksin ini menggunakan teknologi self-amplifying RNA (saRNA).

    Slamet berharap uji klinis tersebut dilaksanakan paling lambat awal 2021. Uji klinis harus dipercepat agar vaksinasi dapat dilakukan pada 2021.

    Peneliti vaksin dari Inggris Robin Shattock menyampaikan paparan terkait hasil uji klinis fase I dan fase II yang telah dilaksanakan. ICL telah melakukan uji klinis vaksin covid-19 yang melibatkan 340 relawan.

    Baca: Indonesia Buka Peluang Uji Fase 3 Vaksin Covid ICL

    Uji ini untuk mengetahui aspek keamanan serta kemampuan vaksin menginduksi respons imunitas relawan yang sehat. Robin mengeklaim vaksin yang menggunakan bahan RNA sintesis lebih efektif.

    "Karena 1 liter bahan RNA sintesis dapat digunakan untuk menghasilkan 5 juta dosis," kata Robin.

    Indonesia dan Inggris juga menyepakati protokol uji klinis yang bisa menjadi panduan uji klinis fase III di Indonesia sebelum awal 2021. Para peneliti sepakat untuk melanjutkan diskusi intensif secara reguler guna menyepakati protokol penelitian dan persiapan pelaksanaan uji klinis bersama.

    (SUR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id