Generasi Muda Mesti Beradaptasi dengan Revolusi Industri 4.0

    Kautsar Widya Prabowo - 09 November 2020 01:23 WIB
    Generasi Muda Mesti Beradaptasi dengan Revolusi Industri 4.0
    Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
    Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) meminta generasi muda mempersiapkan diri beradaptasi dalam revolusi industri 4.0. Generasi muda mesti memiliki keterampilan dalam bidang teknologi sejak dini.

    "Saat ini kita berada di era disrupsi dengan revolusi industri 4.0 yang mengedepankan penggunaan teknologi. Di saat yang sama pandemi covid-19 melanda dunia, yang juga menuntut perubahan norma," ujar Rerie dalam diskusi daring di hadapan civitas akademika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Jawa Timur, Minggu, 8 November 2020.

    Rerie mengingatkan di masa depan penuh dengan ketidakpastian di sejumlah bidang. Generasi muda diharapkan tidak alergi terhadap setiap perubahan.

    "Gali kreativitas dan tingkatkan kapasitas diri agar bisa memenangi persaingan yang sarat perubahan di berbagai bidang di masa datang," tutur dia.

    (Baca: Industri 4.0 Pacu Produktivitas dan Efisiensi di Masa Pandemi)

    Sejumlah bidang kehidupan akan hilang di masa datang karena perubahan. Di sisi energi misalnya, lebih mengarah pada penggunaan energi terbarukan dan meninggalkan energi berbahan baku fosil. Demikian juga perubahan di sektor ekonomi dan geopolitik.

    "Melihat berbagai perubahan itu, generasi muda harus segera mengenali apa yang akan dihadapi di masa datang, untuk kemudian mempersiapkan diri untuk menjawab tantangan tersebut," ujar dia.

    Politikus NasDem itu menambahkan sikap semangat persatuan, gotong-royong, dan solidaritas diperlukan untuk menghadapi perkembangan teknologi. Sikap ini penting agar bisa keluar dari krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi.

    "Amplifikasi nilai-nilai Pancasila harus selalu dilakukan agar kita mampu merekatkan kebersamaan dalam mengendalikan penyebaran covid-19 di Tanah Air," tegas dia.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id