Terlihat Sehat Belum Tentu Bebas Covid-19

    Theofilus Ifan Sucipto - 12 November 2020 17:55 WIB
    Terlihat Sehat Belum Tentu Bebas Covid-19
    Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
    Jakarta: Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, meminta masyarakat waspada dalam berinteraksi. Sebab banyak orang tanpa gejala yang terpapar virus korona (covid-19).

    Masyarakat diminta ekstra waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Kalau orang terlihat sehat bukan berarti mereka bebas atau tidak sedang sakit,” kata Wiku di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Jakarta Timur, Kamis, 12 November 2020.

    Wiku mengatakan seseorang menunjukkan gejala covid-19 rata-rata lima sampai enam hari setelah terpapar. Masyarakat yang terlihat sehat bisa jadi belum menunjukkan gejala covid-19.

    Penerapan protokol kesehatan, kata Wiku, tidak boleh kendur saat bertemu orang yang terlihat sehat. Dia mengutip hasil tiga penelitian luar negeri yang menunjukkan kewaspadaan harus ditingkatkan pada anak muda.

    “Kebanyakan penderita covid-19 tidak bergejala pada populasi muda dan berpotensi menularkan pada orang sekitar,” papar Wiku.

    Wiku mengingatkan masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan sebelum vaksin diproduksi massal. Sebab, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak adalah jurus efektif mencegah penularan virus berbahaya itu.

    “Kalau kita lengah akan memberi dampak buruk pada penanganan covid-19,” tegas dia.

    Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id