Menkominfo Ingin Perkuat Ketahanan Sektor Digital dengan Panglima TNI

    Candra Yuri Nuralam - 05 Mei 2021 20:11 WIB
    Menkominfo Ingin Perkuat Ketahanan Sektor Digital dengan Panglima TNI
    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyambangi Mabes TNI Cilangkap. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam



    Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyambangi Mabes TNI Cilangkap. Dalam pertemuan itu, Johnny ingin memperkuat kerja sama di sektor ketahanan digital.

    "Kolaborasi antara Kementerian Kominfo dan TNI perlu semakin diperkuat, terutama untuk menjamin pemanfaatan ruang digital agar berkontribusi positif bagi keamanan dan pertahanan digital Indonesia," kata Johnny di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, 5 Mei 2021.

     



    Johnny mengatakan Kominfo dan TNI sudah berkomitmen melakukan sinergi dalam penguatan ketahanan nasional dalam sektor digital. Kerja sama kedua belah pihak itu sudah berlangsung sejak Desember 2018.

    Johnny ingin ketahanan digital diperkuat lagi. Penguatan itu dilakukan demi menjaga serangan siber masuk ke Indonesia. Penguatan keamanan digital itu merupakan prioritas pemerintah saat ini.

    "Transformasi digital semakin mendorong kita untuk memperluas strategi pertahanan negara agar tidak hanya terbatas pada aspek pertahanan tradisional saja, namun juga mencakup aspek lainnya termasuk pertahanan digital dan pertahanan siber," ujar Johnny.

    Kominfo bakal menyiapkan kebutuhan teknologi militer untuk memperkuat keamanan siber Indonesia. Salah satu yang dibutuhkan adalah pemanfaatan spektrum frekuensi untuk pertahanan negeri.

    Baca: Menkominfo: Pemerintah Serius Amankan Pasokan Vaksin Covid-19

    Kerja sama Kominfo dan TNI ini juga dilakukan untuk meratakan infrastruktur digital di seluruh Indonesia. TNI merupakan salah satu instansi yang digandeng Kominfo untuk pemerataan sinyal di Indonesia.

    "Salah satu tugas utama Kementerian Kominfo adalah untuk menyediakan infrastruktur telekomunikasi dan informatika yang merata di seluruh penjuru Tanah Air agar dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali," kata Johnny.

    Johnny berharap kerja sama dengan TNI terus berlangsung. Keamanan siber negara dan pemerataan sinyal di Indonesia butuh bantuan TNI.

    "Pembangunan infrastruktur TIK yang berkualitas dan merata merupakan modal utama bagi bangsa Indonesia agar semakin terkoneksi, semakin digital, dan semakin maju," tegas Johnny.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id