Alasan Pemerintah Perpanjang PPKM Darurat

    Patrick Pinaria - 21 Juli 2021 10:57 WIB
    Alasan Pemerintah Perpanjang PPKM Darurat
    Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden



    Jakarta: Masa pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat diperpanjang. Program pembatasan tersebut berlanjut hingga 25 Juli 2021.

    Kepastian perpanjangan PPKM Darurat tersebut diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa, 20 Juli 2021 malam hari WIB. 

     



    Menurut Jokowi, perpanjangan PPKM darurat sangat diperlukan guna menekan laju penyebaran virus korona (covid-19). Dengan penurunan kasus covid-19 juga akan mencegah rumah sakit (RS) lumpuh. 

    "Sehingga tidak menyebabkan lumpuhnya rumah sakit lantaran over kapasitas pasien covid-19 serta agar layanan kesehatan untuk pasien dengan penyakit kritis lainnya tidak terganggu dan terancam nyawanya," ujar Jokowi.

    Lebih lanjut, Jokowi menilai PPKM Darurat yang sudah diterapkan sejak 3 Juli berjalan cukup baik. Menurutnya, penambahan kasus dan kepenuhan tempat tidur rumah sakit mengalami penurunan setelah PPKM Darurat diberlakukan.

    Jokowi juga tak menampik kemungkinan PPKM Darurat akan dilonggarkan pada 26 Juli, dengan syarat kasus covid-19 terus mengalami penurunan. 

    "Jika tren kasus terus mengalami penurunan, maka pemerintah pada 26 Juli melakukan pembukaan bertahap," tutur Jokowi.

    Jokowi mencontohkan pasar tradisional dibolehkan buka sampai pukul 20.00 waktu setempat dengan kapasitas maksimal 50 persen. Pasar lainnya juga bisa buka hingga pukul 15.00.

    Pelonggaran juga diberikan kepada pedagang kaki lima (PKL) hingga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). PKL penjual makanan di tempat terbuka, contohnya, dapat beroperasi hingga pukul 21.00.

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id