Penumpang Kereta Meroket karena Tiket Pesawat Mahal

    M Sholahadhin Azhar - 19 Juni 2019 13:18 WIB
    Penumpang Kereta Meroket karena Tiket Pesawat Mahal
    Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
    Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI) menikmati lonjakan penumpang signifikan pada Lebaran 2019. KAI meraup untung dari mahalnya tiket pesawat terbang.

    "Kami enggak bisa hitung secara spesifik, yang pasti kami menduga ini ada limpasan dari (tiket) pesawat terbang," kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, di Kantor KAI, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Juni 2019.

    Menurut dia, mahalnya tiket pesawat memang salah satu penyebab lonjakan penumpang. Namun, hal tersebut bukan satu-satunya mengingat adanya peningkatan pelayanan dari PT KAI.

    "Kemungkinan ada tapi ketebatasan KAI one man one site, enggak bisa ditambah kursinya kalau sudah habis ya sudah," beber dia.

    Edi menyebut ada beberapa faktor yang turut menciptakan lonjakan penumpang. Pertama adalah penambahan perjalanan. "Tahun ini KAI mengoperasikan 416 KA yang terdiri dari 356 KA reguler dan 60 KA tambahan," beber dia.

    Tahun lalu, pihaknya hanya mengoperasikan 393 KA yang terdiri dari 345 KA reguler dan 48 KA tambahan. Edi menyebut penambahan kereta ini tentu menambahkan jumlah penumpang.

    Baca: Pemulung Dapat Berkah Sampah Lebaran

    Dengan bertambahnya kereta, otomatis akan menambah jumlah perjalanan dan penumpang. Sejak Juli 2018, KAI telah menambah 310 kereta dengan rincian 132 kereta eksekutif, 116 ekonomi, 6 luxury 2, serta 56 kereta makan dan pembangkit.

    Tahun ini PT KAI memperoleh peningkatan 9,2 persen penumpang saat Lebaran. Selama masa angkutan Lebaran 22 hari, dari 26 Mei (H1-10) hingga 16 Juni 2019 (H2+10), total penumpang yang dilayani KAI mencapai 6.810.407 orang.

    Terkait capaian ini, Edi menyebut pihaknya telah melampaui target volume angkutan Lebaran 2019. Penumpang naik sebanyak 5,6 persen dari target 6.449.172 orang.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id