comscore

Masyarakat Berperan Penting Menghalau Gelombang 3 Covid-19

Medcom - 27 Desember 2021 14:30 WIB
Masyarakat Berperan Penting Menghalau Gelombang 3 Covid-19
ilsutrasi. Medcom.id
Jakarta: Kasus Covid-19 di Indonesia belum tuntas, meski bisa ditekan namun ancaman gelombang 3 masih bisa terjadi pasca libur Natal dan tahun baru. Masyarakat berperan penting menghalau ancaman gelombang 3 covid-19.

Duta Edukasi Protokol Kesehatan 5M Dewinta Pringgodani mengatakan, pemerintah terus berupaya menekan penyebaran virus dengan beragam cara. Penanganan dampak covid-19 dilakukan dengan cermat dan mempertimbangkan berbagai aspek.
 
“Pemerintah mengakselerasi program vaksinasi. Tujuannya kekebalan komunal atau herd immunity. Vaksinasi memiliki peran sentral dalam penanganan covid-19,” kata Founder Yayasan Dewinta Pringgodani itu, Senin, 27 Desember 2021.
 
Selain vaksinasi, kata Dewinta, hal yang paling esensial yang dapat dilakukan masyarakat ada memakai masker. “Ikuti aturan dan anjuran pemerintah. Paling esensial adalah menerapkan 5M. Mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas,” ujarnya.
 
Dewinta bersyukur Kementerian Kesehatan menggandeng Yayasan yang dipimpinnya untuk mempercepat akselarasi penuntasan kasus covid-19.
 
“Kita tahu covid-19 semakin bervariasi, bermutasi. Teranyar varian Omicron yang disebut penularannya lebih cepat. Meski tidak seganas varian Delta, namun masyarakat harus waspada. Lakukan perlindungan diri ekstra agar tidak terinfeksi,” katanya.
 
Dewinta mengungkapkan, pihaknya dan Kemenkes terus melaksanakan penyuluhan untuk mengedukasi masyarakat terkait pentingnya penerapan prokes 5M. "Ternyata masyarakat sangat antusias," kata Dewinta.
 
Pihaknya terus mengajak masyarakat mengikuti anjuran pemerintah. Tujuannya meminimalisasi penyebaran covid-19 dan mewaspadai perkembangan varian baru.
 
"Penyuluhan sudah sepatutnya dilakukan secara masif oleh seluruh pemerintah daerah di Indonesia. Untuk jangka dekat saya menggelar di Pulau Jawa-Bali,” kata Dewinta.
(FZN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id