Pemerintah Siapkan Satu Juta Alat Rapid Test Covid-19

    Cindy - 20 Maret 2020 17:56 WIB
    Pemerintah Siapkan Satu Juta Alat <i>Rapid Test</i> Covid-19
    Ilustrasi korona. Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah akan menyiapkan satu juta alat tes cepat (rapid test) virus korona (covid-19). Alat tersebut dikirim secara bertahap sejak Jumat, 20 Maret 2020.

    "Hari ini kita sudah menerima dua ribu kit (alat) untuk tes. Sudah kita terima tinggal dikirim (ke rumah sakit rujukan penanganan korona)," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona, Achmad Yurianto dalam keterangannya, Jakarta, Jumat, 20 Maret 2020.

    Yuri mengatakan dua ribu alat rapid test akan kembali tiba di Indonesia pada Sabtu, 21 Maret 2020. Dia berharap pasokan ini berjalan lancar sehingga sekitar 100 ribu alat rapid test kembali masuk pada Minggu, 22 Maret 2020.

    Alat ini, terang dia, akan menguji sampel darah orang-orang yang memiliki risiko tinggi terjangkit virus korona. Ada sekitar 600 ribu-700 ribu orang yang masuk kategori tersebut.

    Baca: Hasil Pemeriksaan Massal Covid-19 Diketahui dalam Dua Menit

    Yuri mengeklaim hasil tes bisa keluar dalam waktu dua menit bila menggunakan alat ini. Sehingga, pemerintah bisa lebih cepat menemukan pasien positif korona.

    Jumlah pasien positif korona kembali bertambah. Total ada 60 kasus baru hingga Jumat sore, 20 Maret 2020. Sebanyak 17 orang dinyatakan sembuh dan 32 orang meninggal.

    Penambahan kasus positif terbanyak ada di DKI Jakarta, mencapai 32 orang, Kalimantan Timur tujuh orang, Jawa Timur enam orang, Bali tiga orang, Kalimantan Tengah dan Banten masing-masing dua orang, Jawa Barat dan Kepulauan Riau masing-masing satu orang, serta dalam proses investigasi enam orang.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id