Jokowi Perintahkan Rekonstruksi Rumah Korban Longsor Dipercepat

    Damar Iradat - 08 Januari 2020 17:48 WIB
    Jokowi Perintahkan Rekonstruksi Rumah Korban Longsor Dipercepat
    Presiden Joko Widodo memimpin rapat koordinasi penanganan banjir Jakarta di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 8 Januari 2020. Medcom/Damar Iradat.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo menginstruksikan penanganan pascabanjir dan longsor di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, dikebut. Rekonstruksi dan rehabilitasi harus segera dilakukan setelah masa tanggap bencana berakhir pada 13 Januar 2020.

    "Saya minta tahap rekonstruksi dan rehabilitasi, terutama Banten dan Jawa Barat. Saya harap segera dilakukan untuk rumah-rumah yang terkena longsor dan banjir," kata Jokowi saat rapat koordinasi dengan sejumlah kepala daerah di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 8 Januari 2020. 

    Jokowi juga meminta rumah yang terdampak longsor di Sukajaya, Kabupaten Bogor, direlokasi. Ia menyarankan pemindahan tak jauh dari lokasi rumah warga saat ini.

    Kepala Negara meminta Gubernur Banten Wahidin Halim dan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya juga merelokasi rumah warga yang terkena banjir bandang di Lebak. Terutama rumah di lokasi yang tak mungkin dibangun kembali.

    Kepala Negara juga mengingatkan kepala daerah agar menangani bencana banjir dan longsor secara gotong royong. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus bisa bekerja sama dengan baik. 

    "Sudah seharusnya sebagai organisasi besar bekerja bersama-sama, baik itu pemerintah pusat, pemprov, pemkab, pemkot dalam jangka pendek, maupun jangka panjang dalam penanganan banjir longsor maupun bencana lainnya," paparnya.

    Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun mengapresiasi kinerja pemerintah dalam penanganan bencana jangka pendek. Ia menilai proses evakuasi warga terdampak bencana sudah cukup baik. 

    "Saya ingin sampaikan dalam jangka pendek, saya lihat lgsung di lapangan, fokus penanganan tanggap darurat, proses evakuasi bjalan baik, pemenuhan logistik kpada pengungsi berjalan baik," ujar Jokowi.





    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id