Keluarga Habibie Gelar Tahlilan Selama 40 Hari

    Antara - 14 September 2019 02:54 WIB
    Keluarga Habibie Gelar Tahlilan Selama 40 Hari
    Presiden ke-e RI B.J Habibie. Foto: Antara/Puspa Perwitasari
    Jakarta: Putra pertama Presiden ke-3 Indonesia B.J Habibie, Ilham Akbar Habibie, mengatakan keluarga bersepakat menggelar tahlilan selama 40 hari berturut-turut untuk mendoakan almarhum Habibie. Kegiatan ini terbuka untuk publik.

    "Kita sifatnya seperti open house, undangannya umum," kata Ilham seusai tahlilan hari kedua di rumah duka Patra Kuningan 13, Jakarta, Jumat, 13 September 2019. 

    Ilham mengaku ada keterbatasan tempat untuk menampung publik yang ingin ikut mendoakan bersama-sama Presiden BJ Habibie di rumah duka. Ia pun meminta maaf bila ada yang merasa belum terakomodasi.

    "Ya mungkin kita tidak bisa mengakomodasi semuanya, karena ini juga bukan Gelora Bung Karno, ada batasnya," ujarnya.

    Ilham menjelaskan kalau menggelar tahlilan selama 40 hari berturut-turut merupakan tradisi bagi keluarga BJ Habibie. Tradisi ini dipegang teguh dan dijalankan oleh anak-anaknya.

    "Kalau biasanya, hari ketiga, ketujuh, dan 40. Tapi Bapak menggelarnya selama 40 hari, sembilan tahun yang lalu waktu ibu (Ainun Habibie) seperti itu," ungkapnya

    Ilham bersama saudaranya ingin melakukan hal yang sama ketika sang ayah wafat. Ia ingin meniru apa yang dilakukan Habibie saat Ainun meninggal.

    "Kita mau membuat acara yang sama untuk bapak, seperti bapak mengadakan sembilan tahun yang lalu ketika ibu wafat," ujarnya.

    Selama dua hari menggelar tahlilan, Ilham mengatakan banyak tokoh datang berbelasungkawa. Namun, dirinya tidak bisa mengingat satu per satu tokoh-tokoh tersebut.

    BJ Habibie tutup usia pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu, 11 September 2019. Ia wafat di usia 83 tahun. Habibie sudah seminggu dirawat. Dia ditangani puluhan tim dokter. Habibie didampingi anak dan cucu saat menghembuskan napas terakhir.

    Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Makam Habibie bersebelahan dengan istrinya, Ainun. 




    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id