Ilham Habibie: Bapak Senang Bertemu Mama

    Candra Yuri Nuralam - 12 September 2019 15:15 WIB
    Ilham Habibie: Bapak Senang Bertemu Mama
    Jenazah Presiden ke-3 BJ Habibie tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis, 12 September 2019. Foto: MI/Pius Erlangga
    Jakarta: Anak sulung Presiden ketiga Bacharudin Jusuf (BJ) Habibie, Ilham Akbar Habibie, percaya sang ayah pergi dengan tenang. Pasalnya, Habibie bisa bertemu lagi dengan sang istri tercinta, Hasri Ainun Besari.

    "Insyaallah mudah-mudahan mereka untuk selamanya bersama berdua di sisi Allah SWT, di surga, di akhirat, di alam baka," kata Ilham di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis, 12 September 2019.

    Menurut dia, Menteri Negara Riset dan Teknologi ke-4 itu telah mengajarkan cinta yang sesungguhnya kepada semua orang. Cinta Habibie itu sangat nyata dirasakan keluarganya.

    "Cinta itu, cinta suami istri, cinta kepada sanak saudara, cinta kepada pekerjaan, kepada negara dan bangsa, cinta kepada dunia, seluas-luasnya. Itulah Bapak, Habibie. Yang dicintai dan mencintai," ungkap Ilham.

    Dia mengatakan Habibie setia kepada Ainun hingga akhir hayat. Habibie setiap minggu mengunjungi makam istrinya untuk memberikan doa. Hal itu dilakukan lantaran Habibie mempunyai rasa cinta yang besar dengan Ainun.

    Ilham lega rasa cinta Habibie dengan Ainun kini bisa kembali bersatu di TMP Kalibata. Keduanya bisa bersebelahan lagi dengan makam yang berdampingan seperti keinginan Habibie.

    "Bapak itu tiap hari tahlilan, setiap Jumat atau lebih ke makam untuk berdoa. Begitu setia, sampai wafat pun dikuburkan di sebelah," ujar Ilham.

    BJ Habibie tutup usia pada Rabu, 11 September 2019, sekitar pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936, itu wafat di usia 83 tahun.
     
    Jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu sudah seminggu dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Dia ditangani puluhan tim dokter. Habibie didampingi anak dan cucu saat mengembuskan napas terakhir.
     
    Pemerintah pun menetapkan masa berkabung selama tiga hari. Seluruh lembaga dan instansi diimbau mengibarkan bendera setengah tiang hingga Sabtu, 14 September 2019.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id