Program Imunisasi Terbukti Cegah Penyakit Menular

    Surya Perkasa - 24 November 2020 08:37 WIB
    Program Imunisasi Terbukti Cegah Penyakit Menular
    Ilustrasi vaksin virus korona (covid-19). Medcom.id/M Rizal
    Jakarta: Imunasi di Indonesia telah terbukti mencegah penyakit menular. Kematian akibat sejumlah penyakit menular berbahaya seperti campak, difteri, dan pneumonia turun drastis.

    "Dengan lahirnya vaksin-vaksin ini, penyakit-penyakit menular berbahaya tersebut sudah hilang, walaupun masyarakat sering tidak menyadarinya," ujar pakar imunisasi Elizabeth Jane Soepardi dilansir dari laman resmi Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Selasa, 24 November 2020

    Jane menyebutkan beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam mengampanyekan manfaat vaksin covid-19 dan vaksinasi skala nasional. Pertama, Indonesia harus memilki vaksin yang dipastikan aman.

    "Jadi prinsip negara kita adalah vaksin yang digunakan nanti sudah terdaftar di WHO," kata Jane.

    Kedua, alat penyimpanan agar vaksin tidak cepat rusak. Ketiga, penentuan lokasi imunisasi agar masyarakat mudah mengakses.

    Baca: Kisaran Harga dari Tiga Vaksin Covid-19 Potensial

    Keempat, target yang akan diimunisasi. "Kalau bisa sudah ada daftar nama yang dipegang petugas. Kemudian tambahannya adalah relawan yang membantu lalu lintas di lokasi nantinya”, terang Jane.

    Dukungan penyuluhan dan sosialisasi terencana sejak jauh hari juga harus dipersiapkan. Dengan begitu, warga yang datang ke lokasi imunisasi sudah siap dan mendapat informasi yang cukup mengenai program tersebut.

    Terakhir, pelaksana program imunisasi harus profesional. "Di setiap kali kampanye selalu ada masalah yang baru. Kalau tidak memiliki pengalaman sebelumnya akan gawat," kata Jane

    Jane menyebut desa-desa di Indonesia telah memiliki kader imunisasi yang berpengalaman. Kader imunisasi ini harus dipakai dan dapat ditambah dari unsur Pramuka, karang taruna, dan petugas siskamling untuk vaksinasi covid-19 massal yang direncanakan dimulai tahun depan.

    Masyarakat harus mengetahui vaksin jauh berbeda dengan obat. Vaksin dibuat dan dijaga ketat untuk memastikan keamanannya. Masyarakat pun diminta tak menolak vaksin covid-19 agar Indonesia dapat melawan wabah ini seperti penyakit menular lain.

    "Jadi lebih baik jangan sampai tertular covid-19. Dan kalau kita beruntung mendapat imunisasinya, jangan ditolak. Justru bersyukur kalau mendapat vaksin covid-19," harap Jane.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id