Asrama Haji di Seluruh Provinsi Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

    Nur Azizah - 22 Januari 2021 08:53 WIB
    Asrama Haji di Seluruh Provinsi Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan asrama haji di seluruh provinsi sebagai alternatif tempat isolasi terpusat bagi pasien covid-19. Penyedian alternatif tempat isolasi ini bagian dari upaya mencegah penyebaran dan penanggulangan covid-19.

    Kemenag telah menyetujui penggunaan asrama haji sebagai pilihan karantina sejak 1 April 2020. Sudah ribuan pasien menjalani proses karantina di asrama haji.






    "Untuk saat ini tercatat ada 677 pasien covid-19 yang sedang menjalani isolasi di beberapa asrama haji di Indonesia," kata pelaksana tugas (Plt) Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Oman Fathurahman dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 22 Januari 2021

    Oman menyampaikan pasien yang menjalani isolasi mandiri, yakni orang tanpa gejala atau OTG. Ia berharap langkah ini bisa membantu pemerintah dalam penanggulangan penyebaran covid-19.

    Baca: Tahun Baru, Disiplin Protokol Kesehatan Menurun

    Asrama haji yang saat ini sedang melayani pasien OTG ialah Asrama Haji Pondok Gede, Surabaya, Padang, Yogyakarta, Manado Sulawesi Utara, Semarang, Palu, dan Balikpapan. Total ada 1.245 kamar yang tersedia untuk seluruh asrama haji.

    Selain menjadi tempat isolasi, khusus Asrama Haji Pondok Gede dijadikan rumah sakit darurat covid-19. "Saat ini sedang disiapkan bersama Pemprov Jawa Barat untuk dijadikan rumah sakit darurat sementara dalam penangan pasien covid-19," kata Oman.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id